Bagikan:

BULUNGAN - PT Kayan Hydro Energy (KHE) menyelesaikan kerja sama dengan Sumitomo Corporation dalam pembiayaan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade di Kalimantan Utara (Kaltara).

Hal ini disampaikan langsung oleh Executive Committee PT KHE Steven Kho kepada wartawan saat ditemui di PLTA Kayan, Tanjung Selor Hilir, Kabupaten Bulungan, Kaltara, Kamis, 30 Mei.

"Per kuartal I-2024 sudah diakhiri (kerja samanya)," ujarnya.

Steven pun membenarkan bahwa sudah tidak ada lagi kesamaan visi dan misi di antaranya PT KHE dengan Sumitomo Corporation.

"Ada perbedaan pandangan komersial yang tidak ketemu," katanya.

Namun demikian, dia tak dapat mengungkapkan secara terperinci apa yang dimaksud perbedaan komersial yang dimaksud sehingga kerja sama berakhir.

Sebab, itu informasi rahasia di antara kedua belah pihak.

"Kami tidak dapat memberitahukan siapa yang mengakhiri kerja sama ini, karena itu informasi rahasia yang harus disimpan antara kami dengan Sumitomo," tuturnya.

Meski begitu, lanjutnya, saat ini KHE membuka kerja sama dengan semua pihak. Termasuk dari pihak Jepang maupun China.

Sementara itu, Executive Manager Sumitomo Kenichi Ishikawa membenarkan kerja sama Sumitomo dengan KHE berakhir.

Namun, dia tak menampik pihaknya akan tetap berdiskusi dengan PT KHE untuk proyek ke depan yang mungkin bisa dikerjasamakan.

"Kami akan tetap berdiskusi untuk kerja sama ke depannya," imbuhnya.

Sebelumnya, PT Kayan Hydro Energy (KHE) melakukan kerja sama dengan Sumitomo Corporation dalam pembiayaan pembangunan PLTA Kayan, serta penjajakan pengembangan green industry di Kalimantan Utara (Kaltara) dengan memanfaatkan energi dari PLTA yang akan dibangun.

Direktur Utama KHE Andrew Suryali mengatakan, kerja sama ini memiliki nilai investasi sebesar 17 miliar dolar AS.

Launching kerja sama antara PT Kayan Hydro Energy dengan Sumitomo Corporation untuk Proyek Pengembangan PLTA Kayan Cascade dilakukan di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2022.

Andrew Suryali mengatakan, KHE dan Sumitomo bersepakat untuk menjadi partnership dalam pembangunan PLTA Cascade yang merupakan proyek pembangkit listrik green energy serta penjajakan pembangunan green industry di Kalimantan Utara dengan memanfaatkan energi dari PLTA yang akan dibangun.

Adapun KHE adalah pemrakarsa dan pengembang proyek PLTA Kayan Cascade yang terletak di Kecamatan Peso, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kaltara, dengan kapasitas 9.000 Megawatt (MW) yang terbagi dalam lima bendungan.