Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi blak-blakan soal Proyek Strategis Nasional (PSN) di bidang transportasi. Dia bilang, ada enam proyek yang baru bisa rampung setelah 2024 atau pada pemerintahan Prabowo-Gibran.

Budi mengatakan dari 35 PSN yang digarap Kemenhub, baru rampung 25. Sementara, empat lainnya ditargetkan selesai tahun ini. Sedangkan enam sisanya selesai setelah 2024.

Budi menyoroti dua proyek dari enam proyek PSN yang akan selesai setelah 2024 atau pada pemerintahan baru. Dua proyek tersebut digarap pihak swasta dengan sistem KPBU di Sumatera Selatan dan Jambi.

“Empat project akan selesai pada tahun ini dan masih ada dua project yang mungkin harus selesai atau diselesaikan tahun depan,” tuturnya dalam acara Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN di Jakarta, Selasa, 14 Mei.

“Dua yang belum itu inisiasi kami tapi dilakukan oleh swasta. Satu di Sumatera Selatan, satu di Jambi, semuanya itu swasta tapi kami menginisiasi untuk mendapatkan tanah, setelah itu tanahnya kita KPBU-kan kepada swasta,” sambungnya.

Adapun enam PSN yang akan selesai segelah 2024 yakni LRT Jakarta Velodrome-Manggarai, MRT Jakarta East-West, MRT Jakarta North-South, Infrastruktur Logistik Kalimantan Timur, Pelabuhan Palembang Baru, dan Pelabuhan Peti Kemas Muaro Jambi.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melaporkan telah menyelesaikan sebanyak 25 proyek strategis nasional (PSN) di bidang transportasi. Proyek tersebut diselesaikan pada periode 2020 hingga 2024.

Budi bilang proyek yang telah rampung terdiri dari 11 proyek di sektor transportasi laut, tujuh proyek di sektor perkeretaapian, dan tujuh proyek di sektor transportasi udara.

“Kalau kita bicara kuantitatif, maka kementerian perhubungan sudah mencapai 82 persen yaitu 25 project sudah selesai 7 di udara, 7 di kereta api, 11 di pelabuhan,” ujarnya dalam acara Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN di Jakarta, Selasa, 14 Mei.