Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melaporkan telah menyelesaikan sebanyak 25 proyek strategis nasional (PSN) di bidang transportasi. Proyek tersebut diselesaikan pada periode 2020 hingga 2024.

Budi bilang proyek yang telah rampung terdiri dari 11 proyek di sektor transportasi laut, tujuh proyek di sektor perkeretaapian, dan tujuh proyek di sektor transportasi udara.

“Kalau kita bicara kuantitatif, maka kementerian perhubungan sudah mencapai 82 persen yaitu 25 project sudah selesai 7 di udara, 7 di kereta api, 11 di pelabuhan,” ujarnya dalam acara Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN di Jakarta, Selasa, 14 Mei.

Budi bilang beberapa proyek yang sudah selesai seperti KA Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Makassar New Port, Pengembangan Bandara Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga Bandara Zainuddin Abdul Madjid di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Lebih lanjut, Budi mengatakan ada empat proyek PSN yang juga akan dikebut pembangunannya agar bisa rampung pada tahun ini. Sementara, dua lainnya ditargetkan selesai di tahun depan.

“Empat project akan selesai pada tahun ini dan masih ada dua project yang mungkin harus selesai atau diselesaikan tahun depan,” tuturnya.

Adapun empat proyek yang ditargetkan rampung tahun ini adalah Pelabuhan Sorong, pengembangan Pelabuhan Benoa melalui Bali Maritime Tourism Hub (BMTH), pembangunan double track atau jalur ganda kereta api di Jawa Seletan dan Proyek KA Logistik Lahat-Kertapati.

Budi bilang proyek PSN yang digarap Kemenhub merupakan upaya pemerintah meningkatkan konektivitas masyarakat di seluruh Indonesia. Ia juga berkomitemen melanjutkan penyelesaian PSN hingga masa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin selesai pada Oktober 2024 mendatang.

“Insyaallah inilah hasil kerja leadership dari Pak Jokowi dan kita harus dukung itu sehingga pada empat bulan terakhir ini kita harus selesaikan tugas-tugas itu,” katanya.