PSN Sektor Transportasi Baru Selesai 12 Proyek, Menhub: Memang Belum Maksimal
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah mencanangkan 36 proyek strategis nasional (PSN) sektor transportasi. Namun, hingga saat ini baru sekitar 12 proyek yang selesai. Kementerian Perhubungan pun menargetkan ada 17 proyek lagi akan selesai di tahun 2023-2024.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan 36 PSN sektor transportasi tersebut terdiri dari 14 PSN di bidang perkerataapian, 6 PSN bidang perhubungan udara, dan 16 PSN bidang perhubungan laut.

“PSN sudah dilakukan dengan cermat. Memang belum maksimal tapi kita masih ada 2 tahun Insya Allah kita dapat menyelesaikannya dengan baik," ujar Budi Karya dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Selasa, 6 Juni.

Dari jumlah tersebut, sambung Budi, 12 PSN telah selesai konstruksi. Rinciannya yakni Kereta Api Tebingtinggi-Kualatanjung Sumatera Utara, Pelabuhan Kuala Tanjung Sumatera Utara, LRT Metro Palembang Sumatera Selatan, Bandaran Baru Yogyakarta Kulonprogo, Kereta Api Bandara Yogyakarta dan Pelabuhan Termibal Kijing Kalimantan Barat.

Lalu, Pelabuhan KEK Maloy Kalimantan Timur, Bandara Lombok Praya Nusa Tenggara Barat (NTB), Pelabuhan Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT), Terminal Multipurpose Labuan Bajo, dan Pelabuhan Hub Bitung Sulawesi Utara.

Sedangkan, 17 PSN lainnya ditargetkan selesai pada tahun 2023-2024. Rinciannya yakni Pelabuhan Peti Kemas Muaro Jambi, LRT Jabodebek, Pelabuhan New Palembang, Pelabuhan Patimban, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, LRT Jakarta International Stadium-Kelapa Gading-Velodrome-Manggarai.

Kemudian, Double Track Jawa Selatan Bogor-Sukabumi dan Mojokerto-Sepanjang, Pelabuhan Benoa, Pelabuhan Sanur, Bandara Kediri Jawa Timur, Pelabuhan Teluk Palu Sulawesi Tengah.

Lalu, KA Makassar-Pare Pare Sulawesi Selatan, Makassar New Port Sulawesi Selatan, Pelabuhan Likupang Sulawesi Utara. Kemudian, Pengembangan Pelabuhan Sorong, Bandara Nabire Baru Papua, dan Bandara Siboru Fak Fak Papua Barat.

Serta 7 PSN yang ditargetkan selesai setelah tahun 2024. Mulai dari Kereta Api Rantau Prapat-Kota Pinang, KA Logistik Lahat-Tarahan dan Prabumilih Kertapati, hingga MRT Jakarta Utara-Selatan dan Barat-Timur Fase 1.

Selanjutnya adalah proyek infrastruktur logistik di IKN Nusantara Kalimantan Timur, Kereta Api Jakarta-Surabaya (DKI-Jabar-Jateng-Jatim) hingga Pelabuhan New Ambon.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan bahwa progres 17 PSN sektor transportasi yang ditargetkan rampung pada 2023-2024 bervariasi. Kata dia, sebagian sudah ada yang mencapai 60 persen atau 70 persen.

Lebih lanjut, Adita mengatakan Kemenhub meyakini 17 PSN tersebut dapat selesai sesuai target karena perkembangannya masih on the track.

“Kita optimis tadi sesuai yang sudah dilaporkan itu tentu sudah disesuaikan juga dengan prediksi kita sampai akhir tahun ini dan sampai tahun 2024,” tutur Adita.