Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto buka suara terkait 42 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tidak rampung pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan dilanjutkan oleh pemerintahan selanjutnya Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Airlangga memastikan 42 PSN yang saat ini belum rampung proses konstruksinya akan dilanjutkan pada masa kepemimpinan Prabowo - Gibran. Hal ini karena 42 PSN tersebut telah masuk dalam proses pembangunan yang akan dilanjutkan pada masa kepemimpinan pemerintahan yang baru

“Kalau yang 42 itu sudah pasti dilanjutkan karena under construction,” ucap Airlangga dalam Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN, Selasa, 14 Mei.

Airlangga menyampaikan 42 PSN tersebut bakal tetap dilanjutkan karena telah mendapatkan kepastian pendanaan atau financial close.

“Yang tidak rampung tahun ini kan dalam bentuk konstruksi akan dilanjutkan, dan financial closing kan sudah selesai, yang tidak dilanjutkan itu di setop karena belum konstruksi,” tuturnya.

Selain itu pada tahun ini, Airlangga menargetkan pemerintah akan menyelesaikan 41 Proyek Strategis Nasional (PSN) hingga akhir tahun 2024 dengan nilai keseluruhan sebesar Rp554 triliun.

"Dari 41 PSN senilai Rp554 triliun diharapkan selesai di tahun 2024,” ujar Airlangga dalam Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN, Selasa, 14 Mei.

Airlangga secara total kumulatif sejak 2016 terdapat 198 proyek akan selesai di 2024 dengan total realisasi mencapai Rp1.614 triliun. Yaitu 32 proyek dan 10 program beroperasi sebagian dan ada 44 proyek dan 3 program masih dalam tahap konstruksi.

Menurut Airlangga hal tersebut berdampak pada perekonomian Nasional yaitu penyerapan tenaga kerja sebanyak 2,71 juta orang, dan menarik investasi sebesar Rp3.344 triliun.

Menurut Airlangga dari beberapa target PSN yang diharapkan selesai pada tahun ini ada yang masih harus diselesaikan, seperti perizinan dan pengadaan lahan.

Selain itu, Airlangga berharap PSN ini dapat menjadi tulang punggung dari transformasi perekonomian dan komitmen dari pemangku kepentingan dalam menyelesaikan program tepat pada waktunya.

Adapun, sebanyak 41 PSN yang rencananya akan diselesaikan terdiri dari 31 proyek yang selesai pada 20 Oktober 2024 antara lain 3 proyek jalan tol, 3 proyek sektor transportasi, 14 proyek bendungan, 1 proyek sektor energi, dan 11 proyek sektor kawasan.

Selanjutnya, 10 proyek ditargetkan rampung pada Desember 2024, di antaranya, 9 proyek bendungan dan irigasi dan 1 proyek di sektor transportasi.