Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi lannjut menguat pada perdagangan hari ini, Selasa 14 Mei, setelah kemarin naik 0,15 persen atau naik 10,47 poin ke angka 7.099,26.

Phintraco Sekuritas dalam risetnya melihat, terdapat potensi rebound lanjutan akibat tertahannya IHSG pada kisaran level 7.100. Berdasarkan indikator Moving Average Convergence/Divergence (MACD) terdapat penyempitan negative slope serta pada stochastic Relative Strength Index (RSI) yang berada dalam area oversold.

"Sehingga, IHSG diperkirakan untuk melanjutkan rebound dengan menguji resistance di level 7.150 pada perdagangan Selasa," jelas riset Phintraco Sekuritas.

Sentimen positif utama berasal dari realisasi pertumbuhan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang naik dari level 123,80 bulan Maret menjadi 127,70 pada bulan April. Pertumbuhan IKK yang stabil mencerminkan ketahanan perekonomian Indonesia yang masih cukup kuat, terutama dalam menghadapi ketidakpastian global.

Sedangkan dari sisi eksternal, pasar tengah menantikan rilis data Amerika Serikat (AS) berupa Producer Pricer Index (PPI) bulan April yang dijadwalkan rilis pada Selasa 14 Mei. Diperkiraan data tersebut akan cenderung stabil di level 0,20 persen.

Di hari yang sama, perhatian pasar juga tertuju pada pidato yang akan disampaikan oleh Jerome Powell. Powell diperkirakan akan membahas kemungkinan pemangkasan suku bunga, dengan memperhatikan data PPI bulan April sebagai petunjuk awal kemungkinan pemangkasan suku bunga di tahun ini.

Adapun saham top picks menurut Phintraco Sekuritas untuk perdagangan Selasa ini meliputi saham MEDC, ELSA, BBCA, BBNI, BNGA, dan MAPI.