Bagikan:

JAKARTA - Pengusaha siap menyumbang bonus sebanyak Rp23 miliar untuk tim nasional (Timnas) U-23. Sumbangan dana tersebut berasal dari konglomerat Sugianto 'Aguan' Kusuma, Anthony Salim, Peter Sondakh dan puluhan pengusaha lainnya.

Adapun penggalangan dana tersebut disepakati para pengusaha yang tergabung dalam Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) pada saat syukuran dan halal bihalal pada Minggu 28 April.

Penggalangan dana sebesar Rp23 miliar dipimpin oleh Maruarar Sirait menjelang Timnas U-23 melawan Uzbekistan di semifinal Piala Asia 2024 hari ini.

Aksi tersebut juga didampingi oleh Ketua KIKT Garibaldi Boy Thohir, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid dan Wakil Ketua Umum III Kadin Shinta Kamdani.

Maruarar mengatakan bahwa penggalangan dana ini bersifat sukarela. Artinya, tidak ada paksaan jika para pengusaha yang hadir untuk menyunbang.

“Setuju enggak kota gotong royong untuk memberikan penghargaan dan support bagi tim nasional kita. Setuju ya? Tapi ini sukarela ya, tidak ada paksaan,” ujar Maruarar dalam acara tersebut seperti dikutip dalam video yang dirilis Kadin, Senin, 29 April.

Sumbangan pun diawali oleh tim Maruarar dengan memberikan sebesar Rp1 miliar untuk Timnas Indonesia. Kemudian diikuti pengusaha lainnya. Nilai dari Boy Thohir, Arsjad Rasjid, Shinta Kamdani, CEO Indofood dan Salim Group Anthony Salim, bos Alfamart Djoko Susanto, bos ACE Hardware Kuncoro Wibowo, dan bos Bali United Pieter Tanuri.

“Pak Erick, lapor, ini gotong royong dari acara ke KIKT, spontan ya, buat memberikan semangat. Kami bangga sama Pak Erick, Pak Shin Tae-yong dan semuanya. Salam hormat buat teman-teman,” katanya.

Berikut daftar 23 pengusaha yang ikut menyumbang Rp23 miliar untuk Timnas U-23:

1. Sugianto Kusuma - Agung Sedayu Group

2. Franky O Widjaja - Sinarmas Group

3. Anthony Salim - Salim Group

4. Maruarar Sirait - Puri Damai Sejahtera

5. Garibaldi Thohir - Adaro Group

6. Peter Sondakh - Rajawali Group

7. Arsjad Rasjid - Indika

8. Shinta W Kamdani - Sintesa Group

9. Rosan Roeslani - Recapital Group

10. Anindya Bakrie - Bakrie Group

11. Hilmi Panigoro - PT Medco Energi Internasional Tbk

13. Kuncoro Wibowo - Ace Hardware

14. Agus Pangestu - Barito Pacific Group

15. Prijono Sugiarto - Astra

16. Wishnu Wardhana - Teladan

17. Arief Rahmat - Triputra

18. Winato Kartono - Merdeka Group

19. Ding Liguo - Dexin Steel (Hebei Delong Steel)

20  Lawrence Barki - Harum Energy Group

21. Pieter Tanuri - Bali United

22. Pandu Sjahrir - TBS

23. Budi Simin - MMS