MNC Studios, Rumah Produksi Sinetron Ikatan Cinta Milik Konglomerat Hary Tanoe Ini Labanya Anjlok 30 Persen
Konglomerat Hary Tanoesoedibjo bersama sang istri, Liliana Tanoesoedibjo. (Foto: Instagram @liliana_tanoesoedibjo)

Bagikan:

JAKARTA - Virus sinetron Ikatan Cinta sedang menggema di kalangan pecinta acara televisi, tak terkecuali istri dari konglomerat Hary Tanoesoedibjo, Liliana Tanoesoedibjo. Di balik suksesnya produksi sinetron tersebut, adalah MNC Pictures, unit usaha dari PT MNC Studios International Tbk.

MNC Studios adalah salah satu dari gurita bisnis yang dimiliki Hary Tanoe, orang terkaya nomor 33 di Indonesia. Namun demikian, MNC Studios harus merasakan penurunan kinerja di tahun 2020 lalu, setidaknya hingga kuartal III, meski di tengah suksesnya tayangan sinetron Ikatan Cinta.

Perusahaan berkode saham MSIN ini mengalami penurunan pendapatan dan laba sepanjang periode sembilan bulan 2020. Berdasarkan laporan keuangan MNC Studios yang dikutip VOI, Jumat 5 Maret, pendapatan MNC Studios mencapai Rp1,04 triliun per akhir kuartal III 2020.

Realisasi pendapatan tersebut turun 23,77 persen dibanding periode yang sama tahun 2019 yang sebesar Rp1,36 triliun. Kontributor utama pendapatan perseroan yakni pendapatan konten anjlok 25,46 persen menjadi Rp1,14 triliun.

Ada juga pendapatan talent dan lainnya, yang turun 28,71 persen dari Rp303 miliar menjadi Rp216 miliar. Di lain pihak, segmen pendapatan digital tumbuh pesat hingga 162 persen year on year (yoy), menjadi Rp131 miliar. 

Namun kenaikan tersebut belum mampu menopang akumulasi pendapatan MNC Studios. Alhasil, laba bersih periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada entitas pemilik perseroan anjlok 30,34 persen, menjadi sekitar Rp124 miliar di kuartal III 2020.

Di tengah penurunan pendapatan dan laba, MNC Studios mencatatkan pertumbuhan di pos aset. MNC Studios mencatat posisi aset Rp2,32 triliun atau tumbuh 11 persen dibandingkan dengan posisi Desember 2019 yang rinciannya aset lancar Rp1,65 triliun dan aset tidak lancar Rp672 miliar.