Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menambah sebanyak 12 perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh per harinya selama periode mudik Idulfitri atau Lebaran tahun ini.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan penambahan perjalanan tersebut dimulai pada hari ini, Rabu, 3 April. Dengan penambahan tersebut, KCIC mengoperasikan sebanyak 52 perjalanan kereta per hari.

“Nah penambahan perjalanan kita lakukan mulai dari tanggal 3 April sampai dengan tanggal 18 April, di mana per harinya untuk Kereta Cepat Whoosh akan menjadi 52 kereta,” katanya di Jakarta, Rabu, 3 April.

Lebih lanjut, Eva mengatakan, penambahan jumlah perjalanan kereta ini bisa dilakukan secara dinamis. Eva juga bilang KCIC memiliki 11 rangkaian kereta penumpang yang siap beroperasi.

“Sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan untuk penambahan karena kita melihat demand ini tinggi, tiket sudah hampir habis terjual, ini kita bisa melakukan penambahan jumlah perjalanan,” ujarnya.

Eva memprediksi puncak kenaikan penumpang Whoosh akan terjadi mulai Jumat, 5 April mendatang. Dimana diprediksi pula akan ada kenaikan penumpang hingga 30 persen dibandingkan hari biasa.

“Mungkin bisa mencapai 30 persen untuk di momen angkutan Lebaran ini,” ujar Eva.

Lebih lanjut, Eva menjelaskan okupansi kereta di periode angkutan Lebaran ini telah mencapai 90 persen. Jumlah tersebut masih akan bertambah, mengingat masih banyak masyarakat yang akan membeli tiket Kereta Cepat Whoosh secara langsung di stasiun atau go show.

“Dan kalau kita melihat dari total keseluruhan pemesanan sampai dengan saat ini memang yang tertinggi itu untuk kereta-kereta yang sudah dipesan, okupasinya itu sudah mencapai hampir 90 persen,” jelasnya.