Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat penumpang kereta cepat Whoosh mengalami lonjakan penumpang pada periode libur panjang akhir pekan ini. Tercatat, sebanyak 78.000 penumpang telah terlayani.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan secara keseluruhan jumlah penumpang kereta cepat Whoosh mengalami lonjakan penumpang mencapai 28 persen pada periode libur panjang akhir pekan ini.

“Hingga 11 Mei 2024, tercatat 78.000 penumpang telah melakukan perjalanan dengan kereta cepat Whoosh sejak 8 Mei 2024. Secara keseluruhan peningkatan penumpang mencapai sebesar 28 persen jika dibandingkan dengan hari biasa,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu, 12 Mei.

Eva bilang pada periode libur akhir pekan kali ini, KCIC rata-rata melayani sebanyak 19.000 sampai 20.000 penumpang per hari meningkat dari biasanya di 15.000 sampai 16.000 penumpang per hari.

“Banyak penumpang yang memanfaatkan Whoosh karena menawarkan perjalanan yang efisien dan nyaman sehingga waktu liburan tidak habis diperjalanan. Program promo ke tempat wisata juga menjadi nilai tambah bagi para penumpang karena memberi banyak manfaat pada libur panjang akhir pekan ini,” jelasnya.

Pada 8 hingga 12 Mei 2024, kata Eva, KCIC mengoperasikan total 240 perjalanan Kereta Cepat Whoosh atau 48 perjalanan setiap harinya. Seluruh perjalanan Whoosh pada periode libur panjang akhir pekan ini berjalan lancar, aman, dan tanpa kendala.

Adapun jumlah penumpang tertinggi secara keseluruhan terjadi pada tanggal 8 dan 9 Mei 2024 yaitu lebih dari 20.000 penumpang per hari yang menggunakan Whoosh.

“Sedangkan puncak keberangkatan penumpang dari Stasiun Halim terjadi pada 9 Mei 2024 sekitar 12.000 penumpang, naik 22 persen dibanding hari biasa,” katanya.

Untuk perjalanan Minggu 12 Mei, sambung Eva, jumlah tiket sementara yang telah terjual hingga pagi hari mencapai 13.000 tiket. Penumpang didominasi melakukan perjalanan dari Padalarang maupun Tegalluar menuju Halim.

“Jumlah tersebut masih akan mengalami peningkatan, mengingat penjualan tiket hingga kereta terakhir masih berlangsung,” ucapnya.

Adapun jadwal Whoosh yang menjadi favorit masyarakat dari Tegalluar dan Padalarang menuju Halim tersebut adalah mulai keberangkatan pukul 11.00 hingga pukul 17.00 WIB dimana okupansinya sudah berada di atas 85 persen.

KCIC memprediksi penumpang masih akan tinggi bahkan hingga Senin pagi khususnya untuk relasi menuju Stasiun Halim. Di hari terakhir libur panjang ini akan banyak yang memanfaatkan Whoosh untuk Kembali ke Jakarta sebelum kembali bekerja di Senin 13 Mei 2024.

“Alhamdulillah di libur panjang kali ini lonjakan penumpang sangat tinggi dan KCIC berhasil melayani seluruhnya dengan baik. Semua pelayanan berjalan lancar dan masyarakat dapat menghabiskan libur panjang akhir pekannya dengan nyaman,” tutup Eva.