Pengumuman! Pelamar yang Sudah Mendaftar Tahun Lalu Tak Perlu Isi Data Diri Lagi di Rekrutmen Bersama BUMN 2024
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi peserta yang hampir lolos seluruh tahap di Proses Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) RBB 2023, atau gagal di tes paling terakhir, dan ingin mendaftarkan diri di RBB 2024 wajib mengikuti seluruh tahap seleksi dari awal sampai akhir. Namun tidak perlu mengisi data diri kembali.

Adapun proses Rekrutmen Bersama BUMN 2024 akan dilakukan secara serentak, dan tahap seleksi sama rata untuk seluruh pelamar, kecuali untuk pelamar disabilitas.

Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata mengatakan pelamar yang sudah pernah mengikuti seleksi RBB 2023 tidak perlu mengisi data diri kembali dan hanya perlu mengikuti tahapan seleksi.

Karena, sambung Tedi, data diri pelamar yang sudah pernah mengikuti seleksi sudah tersimpan dalam profil akun situs web https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.

“Paling tidak kita meningkatkan user experience di mana yang tahun sebelumnya sudah mengikuti, tidak perlu mengisi data atau profil dari awal, karena datanya sudah ada. Tinggal dicoba lagi untuk rekrutmennya. Jadi user experience lebih baik,” katanya dalam konferensi pers di Media Center Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat, 22 Maret.

Lebih lanjut, Tedi juga bilang meski para peserta yang nyaris lolos di tahun lalu tak akan diutamakan pada RBB tahun ini, namun mereka berkesempatan direkrut langsung oleh BUMN yang membutuhkan.

Tedi mengatakan data peserta yang nyaris lolos ditampung oleh FHCI. Dengan begitu, BUMN yang sedang mencari talenta dengan kualifikasi spesifik, bisa mencarinya melalui data yang ditampung FHCI.

“Daripada melakukan open recruitment dari awal, mending yang ini, teman-teman talenta yang sudah final tahun lalu, dari sini saja pool-nya. Sehingga sudah mengalami tes-tes yang di awal itu. Ini salah satu kelebihan atau benefit dari RBB. FHCI sudah kita sampaikan begitu,” tutur Tedi.

Menurut Tedi, sudah ada talenta yang diambil BUMN dari para pelamar yang nyaris lolos di RBB tahun-tahun sebelumnya. Namun sayang, Tedi tidak menyebutkan berapa jumlahnya.

“Sudah, ada beberapa,” tuturnya.