Bagikan:

JAKARTA - Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana alias Didit menyampaikan pelaku pasar berekspektasi bahwa bank sentral Amerika Serikat (AS) The Fed baru akan bersikap ‘dovish’ paling cepat pada akhir kuartal II 2024.

“Investor berekspektasi bulan Juni-Juli 2024 The Fed akan melakukan cut rate, setelah sempat beredar ada cut rate pada Maret ini,” ujar Didit, dikutip dari Antara, Rabu 20 Maret.

Sebenarnya, menurutnya, pelaku pasar berharap ada pemangkasan suku bunga acuan oleh The Fed dalam pertemuan The Federal Open Market Committee (FOMC) pada Rabu 20 Maret waktu AS.

Namun demikian, data- data perekonomian AS termasuk inflasi yang baik, masih belum mencapai target yang diinginkan oleh The Fed.

“Namun, melihat rilis data yang meskipun dapat dikatakan baik tetapi belum mencapai target yang diinginkan,” ujar Didit.

Karena itu, pihaknya memperkirakan belum akan perubahan terhadap Fed Fund Rate (FFR) pada Maret ini.

“Secara konsensus diperkirakan belum ada perubahan terhadap The Fed, yang nampaknya masih sejalan dengan ekspektasi investor setelah beberapa waktu lalu dalam FOMC Meeting telah dijabarkan akan kebijakan The Fed ke depan,” ujar Didit.