JAKARTA - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (Sido Muncul) meluncurkan produk terbaru, Tolak Angin Batuk, melalui proses pemotongan tumpeng di kantor pusat Sido Muncul, kawasan Cipete Raya, Jakarta Selatan, pada Jumat 8 Maret lalu.
Lalu, apa saja khasiat dari produk yang sebenarnya sudah dicanangkan sejak 10 tahun lalu oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat ini?
Menurut Irwan, kehadiran Tolak Angin Batuk menjadi langkah baru Sido Muncul dalam mengembangkan produk di lini bisnisnya di luar food supplement dan vitamin. Harapannya, produk tersebut dapat diterima masyarakat, terutama pelanggan yang telah setia mempercayakan kesehatannya pada obat herbal.
Dia menjelaskan ada banyak khasiat yang dimiliki Tolak Angin Batuk, di antaranya, meredakan gatal tenggorokan, mengencerkan dahak, dan menghangatkan tenggorokan serta pernapasan.
"Biasanya gatal di leher, kalau minum ini, langsung lega atau dahaknya turun," ujar Irwan.
Pernyataan Irwan ini diperkuat oleh Wakil Direktur Marketing Sido Muncul Maria Reviani Hidayat. Putri Irwan Hidayat itu juga mengaku khasiat Tolak Angin Batuk langsung bisa dirasakan seusai meminumnya.
"Biasanya saya konsumsi sebelum tidur, badan jadi lebih enak, karena kalau mau tidur batuk-batuk, kan, enggak bisa tidur," kata Maria.
Maria Reviani Hidayat mengungkapkan komposisi yang terkandung dalam produk Tolak Angin Batuk. Maria menjelaskan ada sedikit perbedaan komposisi antara varian Tolak Angin terbaru ini dengan produk lainnya.
Dalam Tolak Angin Batuk, komposisi kandungan tanaman herbal seperti Adas, Thyme dan Valerian lebih dominan. Adapun tiga jenis tanaman herbal tersebut diketahui mengandung zat ekspektoran yang dapat meredakan batuk berdahak.
Baca juga:
"Kandungannya sebagian besar sama dengan Tolak Angin, tetapi ini formulanya ada yang kami formulasikan khusus, seperti Thyme dan Valerian, yang membantu agar tubuh bisa beristirahat dan menghilangkan slime," tutur Maria.
Selain tiga jenis tanaman herbal tersebut, Tolak Angin Batuk juga mengandung bahan alami, seperti Kayu Ules, Daun Mint, Jahe, Kencur, Madu dan beberapa material herbal lainnya.
Kemasannya pun dibuat praktis dalam bentuk sachet 15 ml, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Masyarakat dapat membeli produk ini di pasar tradisional, supermarket lokal, serta e-commerce.