Tolak Angin dari Sido Muncul Bakal Hadir di Seluruh Gerai Watsons Mancanegara, Yenny Wahid: Produk Indonesia Tidak Kalah dari Luar Negeri
Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat. (Foto: Dok. Sido Muncul)

Bagikan:

JAKARTA - PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk tengah menjajaki kerja sama dengan pengelola gerai Watsons Indonesia, PT Duta Intidaya Tbk. Penjajakan ini dilakukan agar nantinya produk-produk Sido Muncul bisa hadir di seluruh gerai Watsons yang ada di mancanegara.

"Kami akan tingkatkan kerja sama dengan Watsons. Produk-produk dari Sido Muncul seperti Tolak Angin dan suplemen dari Sido Muncul ini bisa masuk ke seluruh gerai Watsons di seluruh dunia," ujar Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, Senin 27 Desember kemarin.

Irwan menambahkan, Sido Muncul senang dengan langkah Watsons yang ingin menggalakkan produk-produk lokal asli Indonesia untuk bisa go international. Apalagi, kata Irwan, Watsons punya 15.000 outlet di seluruh dunia.

Sementara itu, Presiden Komisaris Watsons Indonesia Yenny Wahid mengatakan, Indonesia tidak boleh hanya menjadi konsumen dari berbagai produk buatan luar negeri. Sudah saatnya bangsa ini menjadi produsen, bukan hanya sebagai konsumen.

"Jadi kita harus bisa menjadi bagian global supply chain. Produk Indonesia kita sama-sama tahu kualitasnya tidak kalah dengan produk-produk luar negeri. Saya sering membedakan produk lokal dengan buatan luar negeri," ungkap perempuan bernama lengkap Zannuba Arifah Chafsoh Rahman ini.

"Banyak produk lokal yang kualitasnya tidak kalah, bahkan lebih bagus, karena disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia. Banyak produk-produk lokal yang inovatif dan kita patut bangga produk-produk lokal bisa bersaing dengan produk global," imbuhnya.

Lebih lanjut mantan Komisaris Garuda Indonesia ini menjelaskan, Watsons Indonesia dan Sido Muncul tengah mencari peluang-peluang dalam mengangkat produk lokal termasuk Tolak Angin ke kancah internasional.

"Tolak Angin akan ada kerja sama khusus dengan Watsons. Tadi kita baru eksplorasi bahwa kemungkinan ke depan ada rencana Tolak Angin akan dipasarkan di seluruh gerai Watsons di luar negeri. Watsons punya lebih dari 15.000 store. Kalau di Watsons Indonesia sendiri Tolak Angin sudah dipasarkan dan biasa dijual di gerai-gerai Watsons," jelas Yenny.