Sido Muncul Gelar Syukuran Rencana Pembangunan Riset Center dan Museum Jamu
Syukuran rencana pembangunan riset center dan museum di Kawasan Pabrik Sido Muncul, Ungaran, Jawa Tengah. (Foto: Dok. Sido Muncul)

Bagikan:

JAKARTA - Syukuran rencana pembangunan riset center dan museum di Kawasan Pabrik Sido Muncul, Ungaran, Jawa Tengah dilakukan dalam rangka HUT PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, TBK ke-70 tahun dan 8 tahun menjadi perusahaan publik. Acara syukuran ditandai dengan penekanan sirine dan pembukaan selubung maket oleh Jajaran Direksi Sido Muncul.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menjelaskan tujuan pembangunan kawasan yang memiliki luas sekitar 4-5 hektare ini untuk melestarikan budaya dan tradisi jamu serta menjadi pusat informasi dan pembelajaran ilmiah/edukasi.

"Pertama, riset center ini nantinya akan mengenai jamu, obat herbal, dan tanaman rempah. Tujuannya, kami ingin menemukan obat-obat alam (rempah) yang bisa bermanfaat bagi masyarakat. Kami ingin mengembangkan dan membudidayakan tanaman obat sehingga dapat menghasilkan bibit rempah yang unggul, yang memiliki kandungan zat aktif tinggi," jelas Irwan Hidayat dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu 22 Desember.

"Kedua tujuan kami membangun museum, kami ingin generasi muda dapat mengerti tentang sejarah dan tradisi jamu sehingga dapat melestarikan budaya jamu. Museum akan dikemas secara modern dengan dukungan teknologi kekinian," imbuhnya

Acara yang diselenggarakan sesuai protokol kesehatan ketat ini turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diwakili oleh Muhammad Arif Sambodo, Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Walikota Semarang yang diwakili oleh Asisten Pemerintah Bagian Perekonomian Widoyono, Walikota Salatiga yang diwakili oleh Wakil Walikota Salatiga Muhammad Haris, Gusmus Mustofa Bisri, Komisaris Utama Sido Muncul Jonatha Sofjan Hidajat, Komisaris Sido Muncul Johan Hidayat, Komisaris Sido Muncul Sigit Hartojo Hadi Santoso, Direktur Utama Sido Muncul David Hidayat, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, dan Sandra Hidayat.

Irwan menyampaikan semulanya acara syukuran seharusnya diadakan pada 11 November lalu. Akan tetapi diundur karena masih dalam suasana berkabung.

"Seharusnya acara ini diadakan bertepatan dengan HUT Sido Muncul ke-70 tahun pada 11 November. Tapi karena keluarga kami sedang berduka, maka kami lakukan pada 18 Desember ini," ujar Irwan.

"Harapan kami, dengan adanya riset center dan museum ini semakin banyak pengunjung yang datang ke tempat kami. Sebelum pandemi, total pengunjung setiap bulannya (Kebanyakan mahasiswa) adalah 8.000 pengunjung. Kami harap setelah ini bisa mencapai 40.000 pengunjung setiap bulannya," lanjut Irwan.

Pada syukuran kali ini, Sido Muncul turut memberikan bantuan sosial dengan total nilai Rp600 juta yang diserahkan melalui Gubernur Jawa Tengah (Rp200 juta rupiah), Wali Kota Semarang (Rp100 juta), Bupati Semarang (Rp100 juta), dan Wali Kota Salatiga (Rp100 juta).

Terkait