Sido Muncul Bakal Bangun Museum Jamu dan Pusat Penelitian di Ungaran Jawa Tengah, Irwan Hidayat: Peletakan Batu Pertama 18 Desember
Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat. (Foto: Dok. Sido Muncul)

Bagikan:

JAKARTA - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk segera merealisaikan pembangunan proyek Gedung Museum Jamu dan Research Center (pusat penelitian) di Ungaran. Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat pada Puncak Peringatan 70 Tahun Sido Muncul di Jakarta, Kamis 11 November lalu mengatakan, perseroan akan melakukan peletakan batu pertama pada proyek tersebut pada Desember mendatang.

"Insyaallah pada 18 Desember akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan fisik Museum dan research center akan direalisasikan," ujar Irwan Hidayat.

Irwan menjelaskan, Museum Jamu yang dibangun itu berlokasi di Jalan Soekarno Hatta KM 25 Bergas, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

"Selain Museum Jamu, lokasi itu juga akan dilengkapi dengan laboratorium pengembangan tanaman obat, buah, kebun binatang dengan koleksi hewan langka, taman bermain anak-anak, tempat belanja dan tempat makan/minum," ungkap Irwan.

Nantinya di dalam museum itu akan memajang informasi seputar sejarah Sido Muncul, proses pembuatan jamu hingga perkembangannya. Sedangkan research center akan berfungsi untuk mempelajari berbagai hal mengenai tanaman obat dan buah.

"Pada risetnya dimulai dengan proses pembibitan, karena yang paling penting adalah bibitnya. Melalui research center itu pula Sido Muncul membuka ruang kerja sama dengan berbagai universitas di Indonesia yang akan melakukan penelitian," jelas Irwan.

Dalam research center, pihak Sido Muncul akan berkolaborasi bersama seluruh Universitas di Indonesia. Pasalnya, kata Irwan, pihaknya melihat banyak mahasiswa yang hebat, namun berkuliah di kampus yang fasilitasnya kurang.

"Dengan terwujudnya pembangunan Museum Jamu Sido Muncul, ke depan diharapkan dapat menjadi salah satu destinasi wisata baru di Jawa Tengah,"pungkas Irwan.