Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) membawa kabar gembira bagi calon pemudik dengan sepeda motor. Dimana tahun ini, Kemenhub akan memperpanjang lintas pelayanan program Angkutan Motor Gratis (MOTIS) tahun ini hingga wilayah Jawa Timur.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub, Arif Anwar mengungkapkan bahwa tahun ini angkutan MOTIS akan diselenggarakan dengan tiga lintas pelayanan.

“Pada penyelenggaraan MOTIS tahun-tahun sebelumnya, kami banyak menerima masukan untuk memperpanjang layanan MOTIS ini, semoga dengan kami perpanjang hingga Jawa Timur dapat menarik minat masyarakat,” tutur Arif dalam keterangan resmi, Jumat, 1 Maret.

Arif mengatakan ketiga lintas pelayanan pada angkutan MOTIS 2024 yakni Lintas Utara (PP) melayani rute Cilegon-Jakarta Gudang-Cirebon Prujakan-Tegal-Pekalongan-Semarang Tawang.

Kemudian, sambung Arif, Lintas Tengah (PP) melayani rute Jakarta Gudang-Cirebon Prujakan-Purwokerto-Kroya-Kutoarjo.

“Lintas Selatan (PP), Jakarta Gudang-Kiaracondong-Kroya-Gombong-Kebumen-Lempuyangan-Purwosari-Madiun,” jelasnya.

Jadwal Penyelenggaraan MOTIS 2024

Arif bilang untuk menarik minat masyarakat untuk mengikuti program MOTIS 2024, nantinya masyarakat juga akan difasilitasi untuk membeli tiket kereta dengan harga terjangkau.

Lebih lanjut, Arif mengatakan peserta MOTIS 2024 akan memiliki kesempatan untuk membeli dua tiket penumpang dengan harga mulai dari Rp10.000 dan maksimal Rp20.000 per penumpang untuk setiap lintas pelayanan.

“Masyarakat sudah dapat melakukan pendaftaran untuk mengikuti program MOTIS 2024 mulai 4 Maret hingga 18 April 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id. Agar dapat mengikuti program MOTIS 2024,” tuturnya.

Arif menjelaskan bahwa MOTIS 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 2-8 April 2024 untuk angkutan Arus Mudik. Sementara layanan MOTIS 2024 untuk angkutan Arus Balik akan diselenggarakan pada 13 hingga 19 April 2024.

“Masing-masing lintas akan tersedia arus contraflow sehingga masyarakat yang akan bepergian dengan arus yang berlawanan saat Arus Mudik/Balik, tetap bisa memanfaatkan layanan MOTIS,” kata Arif.

Adapun untuk mengikuti program MOTIS 2024 ini masyarakat perlu memperhatikan persyaratan yang berlaku sebagai berikut:

- Mempunyai KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK;

- Besaran Motor kurang dari 200 CC;

- Mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk;

- Mendaftar dengan menyampaikan e-mail aktif.