Kemenhub Siap Angkut Gratis 10.440 Unit Motor Saat Mudik Lebaran 2023
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkerataapian (DJKA) kembali meluncurkan program mudik motor gratis (motis) untuk Lebaran 2023. Kapasitas angkut yang disiapkan sebanyak 10.440 unit motor.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Djarot Tri Wardhono mengatakan angkutan mudik motor gratis ini akan dilaksanakan selama 20 hari.

Adapun pelaksanaan dibagi pada saat arus mudik mulai 11 April hingga 20 April. Sementara angkutan balik motor berlangsung mulai 25 April sampai dengan 4 Mei 2023.

Djarot mengatakn total kapasitas angkutan motis yang disiapkan 522 unit per hari. Sementara total kapasitas yang disiapkan selama periode motis 20 hari yakni 10.440 unit motor.

Sedangkan, kata Djarot, kuota penumpang per hari adalah 2.336 orang. Sementar total kapasitas yang disiapkam selama periode motis 20 hari yakni 46.720 orang.

“DJKA mengahadirkan program mudik motor gratis dimulai 40 hari lebih akan Lebaran. Tujuannya memindahkan penggunaan motor ke kereta api untuk mengurangi tingkat kelelahan pengendara motor, dan menurunkan kecelakaan lalu lintas,” katanya dalam acara Ngobrol Santai, di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin, 20 Februari.

Djarot mengatakan, program motis tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Di tahun ini, kata Djarot, DJKA akan menggabungkan rangkaian kereta penumpang dengan kereta barang.

Dengan begitu, kata Djarot, penumpang dan barang bisa mudik bareng dengan satu rangkaian kereta api.

“Jadi 4 kereta api penumpang dirangkaikan dengan 3 kereta api barang yang mengangkut sepada motor. Ini yang membedakan motis sebelumnya dengan motis di tahun ini,” ujarnya.

Djarot mengatakan, pemudik yang membawa kendaraan motor dapat membeli tiket diharga Rp10.000 hingga Rp20.000 per orang.

Sementara untuk sepeda motornya tidak dikenakan biaya alias gratis.

Sebelumnya, kata Djarot, tarif tiket dikenakan sesuai tarif kereta penumpang yang berlaku.

Pemudik dengan satu sepeda motor juga dapat membeli dua tiket kereta api.

“Kita kenakan tarif yang cukup murah. Sampai 330 km bayar hanya Rp10.000 (per orang) sebelumnya dikenakan (tarif) sesuai angkutan kereta. Selebihnya dikenakan Rp20.000 (per orang),” tuturnya.

Adapun persyaratan untuk ikut program motis Lebaran 2023 yaitu KTP, SIM, Kartu Keluarga (KK), STNK, besaran motor di bawah 200 CC, pendaftaran di situs mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjutkan dengan verifikasi di stasiun yang ditunjuk.

Pengiriman motor (gratis) difasilitasi 2 tiket kereta api (selama masih ada kuota).