Bos Sido Muncul Irwan Hidayat Buka Restoran Ayam Goreng di Cipete Jaksel
Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat membuka Restoran Bima Ayam Goreng (Yamgor) di Cipete, Jakarta Selatan. Ide membuka restoran ini, kata Irwan, berawal dari kesukaannya terhadap makanan ayam goreng.

Irwan menjelaskan, ia sebenarnya sudah sejak lama ingin membuka restoran ayam goreng. Namun, sempat terganjal soal royalti.

"Masa buat ayam goreng saja kita mesti bayar royalti, kalau sama produk luar mesti bayar royalti. Padahal ayam goreng Indonesia itu lebih enak," kata Irwan di Jakarta, akhir pekan lalu.

Irwan juga mengatakan bahwa dirinya ingin membuat franchise sendiri. Ini pun sebenarnya sudah ia rencanakan sejak belasan tahun lalu.

"Cita-citanya itu ada franchise kalau laku. Niat ini sudah 12 tahun lalu. Akhirnya, merek Bima Yamgor ini saya daftarkan. Saya tidak pakai kata fried chicken karena akan mengingatkan pada kompetitor," lanjut Irwan.

Dia mengungkapkan restoran ini diberi nama 'Bima', terinspirasi dari tokoh pewayangan legendaris. Menurutnya, Bima adalah tokoh wayang yang hebat, dan seorang satria yang setia kawan.

"Dan waktu dia melarikan diri dalam pelariannya bekerja sebagai koki," jelasnya.

Irwan mengatakan menu andalan di resto Bima Ayam Goreng Indonesia adalah ayam goreng dan sup buntut. Resepnya dia racik sendiri, sambil berguru dengan kawannya di Semarang.

"Semua saya yang RnD (research and development). Sehingga saya tidak bergantung pada koki, karena saya yang mengajarkan (resepnya)," imbuhnya.

Bagi Irwan, kunci sukses restoran berada di cita rasa hidangan yang lezat. Dia meyakini jika menu yang disajikan enak dan cocok di lidah masyarakat, pembeli akan terus berdatangan.