Long Weekend dan Pemilu Pacu Konsumsi BBM Non Subsidi
Penjualan BBM (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pertamina Patra Niaga mencatat terjadi lonjakan konsumsi energi untuk beberapa produk BBM sepanjang libur Isra Mikraj, Imlek, hingga libur Pemilu kemarin.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan hal ini terjadi mungkin karena adanya peningkatan mobilitas masyarakat meskipun tidak sesignifikan seperti libur panjang lainnya.

“Berbeda seperti saat libur panjang Natal ataupun Tahun Baru lalu, untuk libur panjang kemarin peningkatan konsumsi hanya terjadi untuk beberapa produk, terutama untuk produk non subsidi,” terang Irto kepada media yang dikutip Sabtu 17 Februari.

Irto merinci, produk dengan peningkatan tertinggi terjadi pada Pertamax Turbo yang meningkat hingga 4 persen dan Dexlite hingga 5 persen. Untuk produk Subsidi yakni Solar tidak mengalami peningkatan yang mungkin dikarenakan dilarangnya angkutan berat beroperasi di beberapa ruas, dan untuk Pertalite naik hanya sekitar 1 persen.

Adapun untuk Pertamax Green 95 konsumsinya terus stabil sejak diluncurkan di Juli 2023 lalu. Menurut Irto, hal ini memperlihatkan antusiasme masyatakat mengenai Pertamax Green 95, karena itulah Pertamina Patra Niaga saat ini terus melakukan evaluasi untuk memperluas distribusi Pertamax Green 95.

“Saat ini fasilitas blending Pertamax Green 95 di Plumpang sudah disiapkan, ini bertujuan untuk memperluas titik suplai yang sebelumnya hanya disuplai dari Surabaya, kami sudah petakan di tahun 2024 akan melakukan perluasan distribusi Pertamax Green 95 fokus di Pulau Jawa,” pungkas Irto.