Laporan Bitget Ungkap 33 Persen Pelamar Pekerjaan Kripto Berasal dari Perbankan
Foto: Istimewa

Bagikan:

JAKARTA - Bitget, exchange mata uang kripto dan perusahaan Web3 terkemuka di dunia, merilis laporan komprehensif yang mengungkapkan, sepertiga dari pelamar pekerjaan kripto adalah mantan karyawan di sektor perbankan dan keuangan.

Laporan ini juga memberikan wawasan yang tak ternilai tentang dampak teknologi terdesentralisasi pada bank di tahun 2023 dan menganalisis bagaimana pekerjaan jarak jauh (remote) dan digitalisasi telah memengaruhi pasar kerja keuangan.

Poin-poin penting:

• 33 persen dari pelamar pekerjaan di exchange sebelumnya bekerja di bidang perbankan;

• Investasi dalam perbankan ritel blockchain akan mencapai 40,4 miliar dolar AS pada tahun 2031;

• Penurunan pendapatan bank sebesar 50 persen mengakibatkan lebih dari 70.000 pemutusan hubungan kerja antara tahun 2020-2023;

• 36 persen dari posisi yang diposting terkait blockchain berbasis jarak jauh, dua kali lipat dari rata-rata global sebesar 16 persen

• Gaji di perusahaan rintisan kripto hampir dua kali lipat dari posisi yang sama di perbankan;

• 23 persen kandidat melamar untuk posisi KYC Manager, Compliance Associate, Senior Compliance Associate, dan AML Analyst.

Laporan ini menyelidiki beberapa peristiwa besar yang telah mendorong adopsi blockchain di perbankan tradisional pada tahun 2023, termasuk peluncuran inisiatif pengembangan yang ditujukan untuk adopsi teknologi terdesentralisasi oleh raksasa seperti HSBC, JPMorgan Chase, Citi Group, dan lainnya.

Prediksi menyatakan bahwa dampak blockchain dalam perbankan ritel akan mencapai tonggak sejarah sebesar 40,4 miliar dolar AS pada tahun 2031, pertumbuhan CAGR sebesar 40,4 persen, dengan pengeluaran perbankan untuk blockchain diperkirakan mencapai 22,5 miliar dolar AS antara tahun 2025 dan 2026.

Bagian utama dari laporan ini didedikasikan untuk tren perekrutan di industri blockchain, menekankan bahwa talenta dari sektor keuangan bermigrasi ke domain mata uang kripto untuk mencari peluang, tertarik dengan gaji yang lebih tinggi dan prospek inovasi. Hasilnya adalah pengurasan tenaga kerja dari perbankan tradisional, yang mendorong evaluasi ulang pendekatan perekrutan dan penawaran kompensasi dari pihak perbankan.

Statistik yang disajikan dalam laporan tersebut menunjukkan bahwa Inggris sendiri mengalami peningkatan 46 persen dalam lowongan terkait teknologi pada tahun 2020 - sepertiga dari semua pekerjaan yang diiklankan di negara tersebut. Kasus ini digambarkan dengan baik oleh Goldman Sachs, di mana 30 persen karyawannya adalah insinyur perangkat lunak.

Penurunan pendapatan oleh bank investasi lebih dari 50 persen dari tahun ke tahun telah mengakibatkan pemutusan hubungan kerja, yang mengarah pada terjadinya migrasi talenta.

Reorganisasi bank-bank seperti Morgan Stanley, BlackRock, Goldman Sachs, dan lainnya, saja telah menyebabkan lebih dari 50.000 pemutusan hubungan kerja sejak tahun 2020.

Sebanyak 20.000 pekerjaan lainnya dipangkas oleh lima bank besar pada tahun 2023.

Pergeseran ke arah pekerjaan yang berfokus pada teknologi di pihak karyawan yang lebih muda juga terungkap sebagai faktor utama, yang semakin mengikis tenaga kerja bank.

Arus keluar sedikit diimbangi oleh industri teknologi tinggi, di mana perusahaan-perusahaan seperti Coinbase, Amazon, Alphabet, Microsoft, dan lainnya mempekerjakan 20 hingga 200 karyawan. Sektor kripto memimpin perekrutan, dengan Coinbase menarik 197 talenta, dan Amber Group-250.

Dinamika seperti itu tetap ada, meskipun terjadi krisis FTX pada tahun 2022, yang menyebabkan lebih dari 2.000 orang kehilangan pekerjaan di sektor ini.

Mengenai kompensasi, laporan tersebut menyatakan bank telah mengurangi gaji secara keseluruhan karena kondisi kerja jarak jauh dan digitalisasi, sementara industri kripto menawarkan gaji yang lebih tinggi secara kompetitif untuk karyawan jarak jauh.

Pada tahun 2022, 36 persen dari pekerjaan yang terkait dengan blockchain berbasis jarak jauh, dua kali lipat dari perkiraan rata-rata di seluruh dunia sebesar 16 persen.

Mengenai gaji, insinyur junior di perusahaan rintisan kripto di London dapat mengharapkan untuk mendapatkan gaji awal sekitar dolar AS 125.000 dengan insentif, dibandingkan dengan dolar AS 87.810 yang ditawarkan bank investasi untuk posisi serupa. Perbedaannya sangat besar dalam kasus bank, di mana gaji rata-rata mencapai dolar AS 54.000, sementara perusahaan kripto menawarkan sekitar dolar AS 115.667.

Laporan Bitget juga mengacu pada jumlah resume untuk menyoroti arus keluar karyawan perbankan, yang menyatakan bahwa jumlah resume tahunan yang terkait dengan perbankan melonjak dari 880 menjadi 1.440 dalam 620 tahun, meningkat 113 persen pada tahun 2022, dan 143 persen pada tahun 2023. Artinya, pada tahun 2023, 33 persen dari semua resume berasal dari industri perbankan. Sedangkan untuk minat dari para profesional di luar pasar kripto, kenaikan 180 persen hampir dua kali lipat menjadi 330 persen selama 2 tahun.

Posisi menengah dan senior dalam hubungan investasi, pengembangan bisnis dan penjualan, KYC dan kepatuhan (compliance), analisis data, desain produk, manajemen proyek, dan teknisi backend, adalah yang paling sering ditemui. 23 persen kandidat melamar untuk posisi seperti KYC Manager, Compliance Associate, Senior Compliance Associate, dan AML Analyst.

Faktor-faktor seperti gaji yang tinggi, prestise industri, peluang pertumbuhan, dan fleksibilitas dinyatakan sebagai alasan utama migrasi karyawan ke industri kripto. Bank-bank merespons dengan lambat, dengan 74 persen CFO yang disurvei oleh Deloitte menyatakan bahwa mereka berencana untuk mengalihkan pekerja yang sebelumnya berada di lokasi ke posisi jarak jauh.

Gracy Chen, Managing Director Bitget, menyatakan, laporan terbaru Bitget menyoroti transformasi luar biasa yang terjadi di pasar kerja keuangan, seiring kripto mendapatkan momentum dan desentralisasi membentuk kembali perbankan tradisional.

Data menunjukkan pergeseran yang signifikan, dengan talenta dari sektor perbankan bermigrasi ke mata uang kripto, tertarik oleh janji gaji yang lebih tinggi dan prospek inovasi.

Pergeseran ini dapat menyebabkan peningkatan merger dan akuisisi di kedua pasar, yang berdampak pada pengurangan pekerjaan dan mengubah pasar tenaga kerja. Seiring dengan terus berkembangnya industri kripto, kami tetap berkomitmen untuk memberikan wawasan berharga yang memberdayakan para profesional dan pelaku pasar dalam menavigasi lanskap yang terus berkembang ini.

Bitget merilis studi reguler tentang berbagai topik yang mencakup pasar operasinya dan tren global yang memengaruhi perkembangan ekonomi yang terdesentralisasi.

Laporan-laporan ini memberikan informasi yang sangat berharga bagi para profesional dan pelaku pasar yang mencari wawasan tentang potensi perubahan masa depan dalam industri dan peluang pengembangan.