Bagikan:

JAKARTA - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyampaikan salah satu yang cukup memperhatikan yaitu terkait tambang ilegal yang hampir menyentuh angka 2.500.

"Salah satu yang memprihatinkan adalah data ESDM itu ada 2.500 tambang ilegal, sementara tambang yang legal tidak membawa kesejahteraan, dan kita menyaksikan dalam proses penambangan dan bisnis tambang kita hilirasi dilakukan ugal-ugalan," jelasnya dalam debat Cawapres, Minggu 21 Januari.

Cak Imin menyampaikan dengan adanya tambang ilegal menimbulkan beberapa permasalahan seperti merusak lingkungan, kecelakaan, tenaga asing mendominasi.

Selain itu, Menurut Cak Imin perkembangan hilirisasi dan tambang tidak signifikan dengan kesejahteraan masyarakat sekitar tercermin dari pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah capai 13 persen, namun kesejahteraan rakyatnya masih kurang.

"Tetapi rakyatnya tetap miskin dan tidak bisa menikmati, hilirisasi apa yang kita lakukan sementara ilegal masih terus berlangsung," pungkasnya.