Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, penggantian dan/atau duplikasi jembatan Callender Hamilton (CH) di jalan lintas utara Provinsi Jawa Tengah (Jateng) untuk meningkatkan layanan logistik.

Adapun untuk 9 jembatan CH di Provinsi Jawa Tengah itu telah selesai diganti seluruhnya dengan nilai konstruksi Rp543,7 miliar dan nilai investasi mencapai Rp1,31 triliun.

"Konektivitas antarkawasan perlu terus dijaga bahkan ditingkatkan, salah satunya dengan penggantian jembatan yang sudah berumur tua agar aliran barang, jasa, dan manusia bisa lebih lancar dan efisien. Dengan konektivitas yang baik, diharapkan pertumbuhan ekonomi kawasan juga meningkat," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, dikutip Kamis, 4 Januari.

Penggantian/duplikasi jembatan CH juga dapat meningkatkan layanan transportasi jalan, khususnya dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan jalan nasional lintas Jawa Tengah-Jawa Barat.

Keenam jembatan yang selesai dibangun seluruhnya berada di Lintas Utara Jawa Tengah, yaitu jembatan Pemali Brebes B sepanjang 110 meter (m) membentang di ruas Jalan Raya Pantura dan jembatan Pedes B sepanjang 60 m di ruas Prupuk-Batas Tegal di Kabupaten Brebes, dan jembatan Kalibanger A sepanjang 30 m di Jalan Raden Patah, Kelurahan Kemijen, Kota Semarang.

Kemudian, ada jembatan Wonokerto IIA sepanjang 60 m di Jalan Pantura Kabupaten Demak, jembatan Juana IA sepanjang 100 m berada di jalur Pantura Kabupaten Pati, dan jembatan Pang I sepanjang 50 m di Kabupaten Rembang.

Diketahui enam jembatan tersebut, sebelumnya merupakan jembatan rangka baja bertipe CH yang rata-rata dibangun tahun 1970-an atau sudah melewati usia layanan (50 tahun) dan rentan runtuh karena beban logistik/angkutan berukuran berat.

Setelah dilakukan penggantian/duplikasi, keenam jembatan tersebut saat ini bertipe konstruksi Steel Box Girder (SBG)-continuous dan Steel I Girder dengan masa layanan yang lebih kuat dan tahan lama.

Penggantian/duplikasi jembatan CH merupakan salah satu proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) antara Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR dengan PT Baja Titian Utama sebagai Badan Usaha Pelaksana dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) sebagai penjamin dengan masa pelaksanaan 2021-2023.

Secara nasional, penggantian/duplikasi jembatan CH sebanyak 37 jembatan memiliki nilai investasi hingga Rp5,3 triliun. Sebanyak 37 jembatan itu telah selesai seluruhnya, yakni di Provinsi Banten sebanyak 3 jembatan, Jawa Barat sebanyak 16 jembatan, Jawa Tengah sebanyak 9 jembatan, dan Jawa Timur 9 jembatan.