Diresmikan Jokowi, Penggantian Tiga Jembatan CH di Banten Telan Biaya Rp270,5 Miliar
Salah satu jembatan Callender Hamilton (CH) di Provinsi Banten yang diresmikan Presiden Jokowi pada Senin, 8 Januari. Foto: Dok. PUPR

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak tiga jembatan Callender Hamilton (CH) di Provinsi Banten, telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin, 8 Januari.

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, dan Pj Wali Kota Tangerang Nurdin.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penggantian/duplikasi jembatan CH melalui skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) merupakan upaya inovasi untuk menjaga layanan jembatan jangka panjang.

"Tidak hanya jalan tol dan jalan nasional, jembatan perannya juga penting untuk melayani transportasi, barang maupun manusia. Insyaallah hasilnya sangat baik, sangat memuaskan jika KPBU dikerjakan dengan tepat waktu," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa, 9 Januari.

Ketiga jembatan yang diresmikan adalah Jembatan Cisadane A dan B sepanjang 110 meter (m) dan lebar 18 m yang membentang di atas Sungai Cisadane persis di jantung Kota Tangerang serta dekat dengan urat nadi jalur logistik Tol Jakarta-Merak melalui Pintu Tol Bitung.

Kemudian, Jembatan Batu Ceper sepanjang 120 m yang berada di Jalan Raya Daan Mogot, Kota Tangerang. Jalan Daan Mogot merupakan jalan nasional sekaligus jalur vital transportasi dan logistik yang menghubungkan Provinsi Banten wilayah timur (Kota Tangerang) dengan Kota Jakarta.

Selanjutnya, penggantian Jembatan Tawing I sepanjang 45 m di Desa Karang Suraga, Cinangka, Kabupaten Serang.

"Kehadiran jembatan CH yang berada di Jalan Raya Anyer-Sirih ini juga diharapkan dapat meningkatkan akses menuju kawasan pariwisata yang berada di pesisir Barat Banten serta Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Lesung," imbuhnya.

Sekadar informasi, penggantian tiga jembatan CH di Banten tersebut menelan biaya konstruksi Rp270,5 miliar.

Pertama, Jembatan Cisadane A dan B di Kota Tangerang biaya konstruksinya sebesar Rp106,7 miliar.

Kedua, jembatan Batuceper di Tangerang yang menelan biaya konstruksi hingga Rp123,2 miliar.

Ketiga atau terakhir adalah Jembatan Tawing I di Kabupaten Serang, dengan biaya konstruksi mencapai Rp40,6 miliar.

Adapun di Pulau Jawa terdapat 37 Jembatan CH yang lokasinya tersebar di beberapa provinsi.

Di Banten sendiri ada tiga (3) jembatan, di Jawa Barat ada 16 jembatan, di Jawa Tengah ada sembilan jembatan dan di Jawa Timur ada sembilan (9) jembatan.

Seluruh jembatan itu usianya sudah lebih dari 40 tahun sehingga perlu diganti karena sudah melewati usia layanan.