Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan sejumlah infrastruktur di Provinsi Jawa Timur, pada hari ini. Adapun infrastruktur yang diresmikan adalah satu Flyover Djuanda, 9 penggantian jembatan Callender Hamilton (CH) dan 11 ruas jalan.

Proyek Flyover Djuanda sendiri telah dibangun sejak 2022 silam dengan total anggaran mencapai Rp363 miliar.

Lalu, penggantian 9 jembatan CH sepanjang 797 meter (m) yang menelan biaya hingga Rp1,4 triliun. Penggantian 9 jembatan CH ini tersebar di 8 kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur, yakni di Kota Kediri, Blitar, kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek, Bojonegoro, Kota Jember dan Kabupaten Banyuwangi.

"Dan yang ketiga juga akan kami resmikan 11 ruas jalan sepanjang 66 kilometer (km) dengan anggaran biaya Rp379 miliar," ujar Jokowi seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 6 September.

Jokowi meyakini, dengan pembangunan infrastruktur yang semakin baik, nantinya pergerakan orang dan barang di Provinsi Jawa Timur akan semakin lancar.

Selain itu, Jokowi berharap, daya saing dan pertumbuhan ekonomi juga akan mengalami peningkatan ke depannya.

"Dengan infrastruktur yang semakin baik, pengoperasian flyover, jembatan dan ruas-ruas jalan yang tadi saya sampaikan, pergerakan orang dan barang di Provinsi Jawa Timur akan semakin lancar. Lalu, daya saing dan pertumbuhan ekonomi juga akan mengalami peningkatan," jelas Jokowi.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Fyover Djuanda, 9 jembatan pengganti CH, 11 ruas jalan yang dibangun dengan instruksi presiden (Inpres) jalan daerah di Provinsi Jawa Timur, pagi hari ini saya nyatakan diresmikan," imbuhnya.