Jokowi Resmikan Transportasi Ramah Lingkungan, Blue Bird Siap Mengaspal di IKN
Presiden Jokowi di IKN (Foto: tangkapan layar youtube Setpres)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan transportasi ramah lingkungan di IKN Nusantara, pada hari ini. Adapun transportasi ramah lingkungan yang dimaksud merupakan komitmen investasi dari PT Blue Bird Group Tbk.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini transportasi ramah lingkungan Blue Bird Group di Ibu Kota Nusantara secara resmi saya luncurkan," ujar Presiden Jokowi melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, 21 Desember.

Jokowi mengatakan, Blue Bird Group akan mengembangkan transportasi ramah lingkungan di IKN dengan komitmen nilai investasi sebesar Rp250 miliar.

Komitmen investasi itu digunakan untuk pengambangan sistem transportasi yang ramah lingkungan di IKN, seperti pengadaan Bus Rapid Transit (BRT) listrik untuk mendukung layanan perkotaan, taksi listrik, mobil rental listrik, dan bus jurusan dari Balikpapan ke IKN.

"Blue Bird Group juga akan melengkapi sarana pendukung yang dikelola secara terintegrasi dengan menggunakan teknologi pintar, seperti penyediaan halte, park & ride, depo, dan charging point," ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, peluncuran transportasi ramah lingkungan ini akan mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di IKN. Hal ini sesuai dengan konsep IKN yang mengusung kawasan hijau, lingkungan hijau, gedung hijau, transportasi hijau, listrik hijau, serta energi hijau.

"Saya sangat mengapresiasi dan menghargai komitmen Blue Bird Group dalam mendukung inisiatif transportasi ramah lingkungan di IKN untuk menciptakan masa depan mobilitas yang berkelanjutan serta menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat," imbuhnya.