Meratus Lakukan Hal Ini demi Jaga Keberlanjutan Alam di Indonesia
Meratus mendukung aksi tanam 1.000 pohon yang diadakan oleh Yayasan Lindungi Hutan di Cilangkap, Jakarta Timur. Foto: Dok. Istimewa

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai upaya untuk mendukung pelestarian lingkungan, Meratus sebagai salah satu perusahaan Integrator Logistik dan Maritim, turut mendukung aksi tanam 1.000 pohon dalam program Musim Penghijauan yang diselenggarakan oleh Yayasan Lindungi Hutan.

Aksi tanam 1.000 pohon tersebut telah berhasil dilakukan di kawasan Hutan Kota Cilangkap, Jakarta Timur.

Head of Corporate Communication and Sustainability Meratus Inggrid Aurelia mengatakan, aksi ini bukan hanya tentang menanam pohon, melainkan juga memberdayakan para karyawan untuk menjadi agen perubahan dalam menjaga keberlanjutan alam.

"Melibatkan karyawan dalam kegiatan langsung ini adalah langkah nyata untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab kolektif kami terhadap lingkungan," ujar Inggrid dalam keterangan resminya, dikutip Kamis, 7 Desember.

Inggrid mengatakan, aksi penanaman 1.000 pohon di Hutan Kota Cilangkap, Jakarta, bukanlah satu-satunya upaya Meratus dalam memperjuangkan keberlanjutan lingkungan.

"Hal ini merupakan bagian dari komitmen Meratus dalam kampanye "We All Go Green" yang bertujuan mengembalikan hijau bumi," katanya.

Diketahui sejak 2022, Meratus telah mengambil langkah nyata dengan menanam 4.300 bibit mangrove, 100 pohon anggrek dan pohon bunga bougenville yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia.

"Dengan berkontribusi pada berbagai aksi ini, kami berharap dapat menginspirasi berbagai pihak untuk turut serta dalam menjaga dan melestarikan alam. Meratus akan terus berkomitmen untuk berkontribusi pada perubahan positif demi bumi yang lebih hijau dan berkelanjutan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Lindungi Hutan Miftachurrobani menyebut, pada tahun ini pihaknya merencanakan penanaman pohon di 22 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya di Jakarta.

Aksi ini akan dilakukan selama musim penghujan yang merupakan waku terbaik untuk menanam pohon karena pohon dapat memiliki tingkat kelangsungan hidup lebih tinggi.

"Inisiatif ini adalah langkah konkret kami dalam melindungi hutan dan ekosistem yang sangat berharga bagi kami semua. Dengan dukungan berupa pohon dan kehadiran PT Meratus Line di lokasi penanaman Hutan Kota Cilangkap, maka akan memperkaya inisiatif kami kali ini," ungkapnya.

Adapun pohon-pohon yang ditanam pada aksi ini, yaitu Eboni, Mahoni, dan Sengon. Menurut dia, pohon tersebut dipilih karena kemampuannya dalam menyerap karbon dan menyaring polusi udara, memberikan kebaikan jangka panjang untuk kesehatan ekosistem, dan kualitas udara.

"Pentingnya peran pohon dalam ekosistem menjadi landasan utama bagi Meratus untuk terlibat aktif dalam kegiatan penanaman pohon," imbuhnya.