Meratus Lakukan Hal Ini demi Jaga Kelestarian Hutan Indonesia
Meratus mendukung aksi tanam 1.000 bibit mangrove yang diadakan oleh Go Forest Jawa Timur (Jatim) di Surabaya. Foto: Dok. Istimewa

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai upaya untuk mendukung pelestarian lingkungan, Meratus sebagai salah satu perusahaan Integrator Logistik dan Maritim, turut mendukung aksi tanam 1.000 bibit mangrove yang diadakan oleh Go Forest Jawa Timur (Jatim).

Aksi ini dilaksanakan di Sontoh Laut, Aserowo, Surabaya. Partisipasi dalam aksi ini terbuka untuk masyarakat umum, termasuk pelajar, aktivis lingkungan, dan individu yang peduli terhadap kelestarian alam.

Ketua Yayasan Meratus Foundation Angelika Menaro mengatakan, dukungan Meratus dalam aksi tanam mangrove ini menjadi bukti nyata bahwa sektor logistik dan maritim juga dapat berkontribusi positif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

"Aksi tanam 1000 mangrove ini bukan hanya tentang menanam pohon, melainkan juga tentang menanam kesadaran akan perlunya menjaga hutan Indonesia," kata Angelika dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis, 7 September.

Angelika menambahkan, bahwa menjaga kelestarian hutan mangrove adalah investasi dalam masa depan yang akan memberikan dampak jangka panjang bagi ekosistem pesisir dan juga bagi masyarakat yang bergantung pada sumber daya alam tersebut.

Menurut dia, dengan melibatkan berbagai lapisan masyarakat, diharapkan pesan tentang pentingnya ekosistem mangrove dan tanggung jawab masyarakat dalam menjaganya dapat menyebar lebih luas.

"Semoga aksi ini menjadi inspirasi bagi lebih banyak pihak untuk terlibat dalam pelestarian alam Indonesia," imbuhnya.

Sebelumnya, pada Februari lalu, Meratus meluncurkan program Earth Squad yang menginisiasi beragam aksi sederhana namun diharapkan dapat berdampak besar terhadap lingkungan, salah satunya pelanggan dapat menghitung secara langsung emisi karbon yang dihasilkan dalam setiap pengiriman kargo.

Tak hanya menghitung jejak karbon saja, program ini juga mengajak para pelanggan Meratus untuk dapat melakukan mitigasi jejak karbonnya dalam berbagai pilihan, seperti penanaman mangrove serta reboisasi hutan.