Jenis dan Macam Transfer Uang Beserta Nama Layanannya
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Transfer uang saat ini menjadi salah satu bentuk transaksi perbankan yang sangat umum dilakukan oleh masyarakat. Melalui layanan ini nasabah bisa mengirimkan dana ke pihak lain dengan mudah. Bahkan sekarang hal tersebut tidak perlu dilakukan dengan datang ke bank, bisa lebih cepat secara online.

Adanya fasilitas transfer membuat masyarakat bisa merasa lebih mudah dalam memenuhi berbagai kebutuhan transaksi. Bahkan kemudahan belanja online saat ini juga ditunjang oleh fasilitas transfer tersebut. Transaksi jadi terasa jauh lebih cepat dan mudah untuk dilakukan dari mana saja.

Apa Itu Layanan Transfer Dana?

Dikutip dari Kumparan.com, transfer dana didefinisikan dalam buku Bank dan Lembaga Keuangan karya Syaiful Anwar. Dalam buku tersebut disebutkan bahwa ini merupakan bentuk pelayanan jasa dari bank atas permintaan dari pihak nasabah untuk mengirimkan uang dengan nominal tertentu.

Transfer dana juga bisa dipahami sebagai sebuah aktivitas memindahkan dana yang prosesnya akan diteruskan kepada pihak bank lain. Aktivitas ini telah diatur oleh Pasal 1 angka 1 UU No.3 Th. 2011 mengenai transfer dana. Pada dasarnya melalui proses ini, seseorang bisa memindahkan uang dari satu akun ke akun yang lain.

Mekanisme transfer dana ternyata dibagi menjadi beberapa layanan. Setiap layanan memiliki konsep dan mekanisme pengiriman dana yang berbeda. Berikut adalah beberapa layanan transfer uang yang perlu kamu ketahui:

Kliring

Pertama ada kliring yaitu fasilitas pengiriman dana yang dapat ditemukan lewat mobile banking. Layanan kliring ini juga dapat kamu jumpai di kantor bank secara langsung. Cenderung lebih terjangkau hanya saja proses pengiriman uangnya bisa memakan waktu cukup lama.

RTGS

Lanjut ada RTGS yaitu layanan transfer dana yang biasa dipakai untuk mengirimkan uang dalam nominal besar. Minimal uang yang bisa ditransfer melalui layanan ini adalah Rp100 juta. Biasanya layanan ini akan digunakan oleh antar bank dan ada biaya per transaksi yang lumayan mahal.

Transfer Online

Ini merupakan jenis layanan transfer dana yang paling sering dipakai oleh masyarakat, terutama di era digital seperti sekarang. Kamu bisa menggunakan layanan ini untuk transfer antar bank maupun sesama bank menggunakan fasilitas online yang ada. Biayanya juga cenderung terjangkau dan proses pengiriman dana bisa berjalan lebih singkat.

BI-Fast

Ada pula layanan BI-Fast yang sekarang juga cukup banyak diandalkan oleh para nasabah saat perlu mengirim uang. Layanan ini memungkinkan nasabah dari berbagai bank untuk melakukan transfer antar bank. Biaya transfer melalui BI-Fast ini lebih terjangkau dibandingkan layanan transfer secara konvensional.

Kamu bisa menggunakan layanan transfer ini salah satunya lewat Aplikasi digibank by DBS. Dengan digibank BI-Fast memungkinkan kamu untuk transfer uang antar bank dengan mudah dan gratis tanpa kuota, serta real-time. Ini merupakan karakteristik tersendiri dari layanan BI-Fast yang mengutamakan efisiensi pengiriman dana.

Dari beberapa pilihan layanan yang sudah disebutkan tadi, kamu bisa mengetahui mana jenis layanan transfer yang bisa kamu pakai sesuai kebutuhan. Setiap jenis layanan memang memiliki spesifikasi yang berbeda, jadi pastikan bisa memenuhi kebutuhanmu saat mengirimkan uang.

Sistem Transfer Dana

Saat ini ada beberapa sistem transfer uang yang bisa kamu temukan di Indonesia. Jika kamu mengirimkan uang ke orang lain, maka bisa saja kamu menggunakan salah satu sistem tersebut. Berikut adalah beberapa sistem transfer yang diterapkan saat ini:

Electronic Cash

Pertama ada sistem transfer uang menggunakan uang elektronik atau electronic cash. Uang elektronik ini bisa juga kamu sebut sebagai uang digital dimana hal ini sangat populer di zaman sekarang. Uang tersebut akan disimpan di media elektronik tertentu dan bisa dipakai untuk transfer kapan saja.

Plastic Card Payment System

Selanjutnya ada plastic card payment system dimana transfer dana akan dilakukan memakai fasilitas kartu non-tunai. Jenis kartu yang dipakai bisa berupa kartu kredit maupun kartu debit. Sistem transfer ini juga sangat sering dipakai terutama untuk transaksi pembelian.

Direct Funds Transfer System

Sesuai namanya, direct funds transfer system ini merupakan sistem pengiriman dana yang dilakukan secara langsung. Jadi sistemnya langsung dari satu rekening ke rekening yang lain. Sistem ini juga sangat umum berlaku di masyarakat dan terjamin aman.

Paper-Based Payment Systems

Selanjutnya ada pula paper-based payment systems yang sebenarnya semakin jarang digunakan di zaman modern seperti sekarang. Ini merupakan sistem transfer atau pengiriman dana berbasis kertas. Sistem ini akan melibatkan beberapa fasilitas seperti rekening giro agar proses pengiriman dana bisa berjalan lancar.

Seiring dengan perkembangan zaman, memang jenis layanan pengiriman uang terus berubah. Tentu saja hal ini dipengaruhi oleh fasilitas serta teknologi yang ada. Intinya semakin canggih perkembangan teknologi dari waktu ke waktu, proses pengiriman dana bisa jadi lebih mudah sekaligus cepat.

Jenis Transfer Dana

Mari berkenalan juga dengan beberapa jenis transfer uang yang mungkin akan kamu manfaatkan. Demi memastikan transaksi berjalan lancar, ada beberapa pilihan jenis proses transfer yang bisa kamu andalkan. Berikut ini beberapa jenis transfer yang bisa kamu jumpai:

- Transfer dana ke sesama atau antar rekening bank.

- Transfer dana dari pengirim tanpa ada rekening.

- Transfer uang dari pengirim tanpa rekening lewat penerima yang memiliki rekening.

Di zaman serba canggih seperti sekarang semua jenis transfer tersebut memungkinkan untuk dilakukan. Jadi tidak heran jika kemudahan transfer dan transaksi memang terus meningkat. Mereka yang memiliki rekening maupun tidak kini bisa menjadi pengirim maupun penerima dana dengan cara khusus.

Lebih dari itu kemudahan transfer dana kini juga semakin terasa berkat adanya fasilitas atau layanan online. Kamu bahkan bisa melakukan pengiriman uang tanpa harus datang langsung ke bank. Proses transfer bisa dilakukan secara online dengan cara yang mudah dan tidak butuh waktu lama dengan aplikasi transfer uang gratis yang banyak beredar dan mudah untuk diakses.

Transfer Uang Lebih Mudah Pakai Bank Digital

Kini kamu bisa melakukan transfer lebih mudah dan cepat dengan digibank by DBS. Melalui layanan ini kamu bisa menikmati beragam kemudahan karena ada banyak kelebihan yang ditawarkan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari layanan tersebut:

- Gratis transfer tanpa kuota menggunakan BI-Fast.

- Real-time antar bank.

- Limit transaksi mencapai Rp250 juta per transaksi per hari.

- Akses kapan saja 24/7 melalui aplikasi digibank by DBS.

Menariknya lagi, layanan gratis transfer tanpa kuota menggunakan BI-FAST dari digibank by DBS ini bisa kamu nikmati tanpa minimal saldo, kini kamu tidak perlu ragu untuk melakukan transfer uang.