Mengenal Perbedaan Bank Umum dan BPR, Pilih Pakai Layanan yang Mana?
Ilustrasi perbedaan bank umum dan BPR (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dunia perbankan di Indonesia terbagi ke dalam dua jenis, yaitu bank umum dan bank perkreditan rakyat (BPR). Namun masih banyak yang belum tahu perbedaan bank umum dan BPR.

Bank umum dan BPR memiliki tujuan sama sebagai penyedia jasa transaksi keuangan, seperti penyetoran, penyimpanan, pengambilan, hingga peminjaman. Kedua jenis bank ini sekilas seperti mirip, namun keduanya memiliki perbedaan dari segi layanan dan kegiatan usaha. 

Lalu apa saja perbedaan Bank Umum dan BPR? Namun sebelum itu anda perlu tahu terlebih dahulu pengertian atau definisi dari kedua jenis bank itu.

Definisi Bank Umum dan Bank BPR

Bank umum merupakan bank yang bergerak dalam kegiatan usaha konvensional memberikan jasa transaksi keuangan. Bank beroperasi berdasarkan prinsip syariah dalam segala layanannya pembayaran. Selain itu, bank umum juga berfungsi menghimpun dana dalam bentuk tabungan biasa, tabungan giro, tabungan deposito, sertifikat deposito, tabungan berjangka, dan lainnya.

Bank Perkreditan Rakyat juga merupakan bank yang bergerak dalam kegiatan usaha konvensional atau berdasarkan Prinsip Syariah. BPR juga melakukan pengimpunan dana berupa tabungan, deposito berjangka, dan bentuk lainnya. Namun perbedaannya dengan bank umum, BPR tidak menyediakan layanan transaksi pembayaran. 

Perbedaan Bank Umum dan BPR

Ada beberapa hal yang membedakan Bank Umum dengan BPR. Ada lima poin yang bisa anda ingat. 

Layanan

Layanan perbankan menjadi hal yang paling dilihat oleh calon nasabah. Bank Umum dan BPR memiliki perbedaan dalam segi layanannya. Bank Umum memiliki layanan yang banyak atau kompleks, seperti asuransi, gior, valas, dan sebagainya. Sementara BPR memiliki layanan yang hanya sederhana. 

Jangkauan Wilayah

Bank Umum dan BPR juga memiliki perbedaan dalam jangkauan wilayah. Bank Umum memiliki jangkauan wilayah yang lebih luas atau tidak terbatas. Sementara jangkauan wilayah Bank BPR lebih sempit mencakup wilayah Kabupaten. Jangkaun wilayahnya disesuaikan dengan tujuan pendirian BPR itu sendiri. 

Kegiatan Usaha 

Kegiatan usaha yang dijalankan oleh Bank Umum dan BPR juga berbeda. Bank BPR memberikan jasa deposito berjangka, kredit, tabungan, pembiayaan, sertifikat deposito, deposito berjangka, penempatan dana SBI (Surat Berjangka Indonesia, dan penempatan dana.

Bank Umum memberikan layanan yang lebih banyak dari semua layanan tadi. Selain itu, bank umum juga menghadirkan jasa menerbitan surat atas pengakuan utang, tranfers, valuta asing, inkaso, kliring, transfer, dan lainnya.

Syarat Permodalan

Perbedaan Bank Umum dan BPR juga terdapat pada syarat permodalannya. Permodalan Bank Umum setidaknya Rp 3 triliun dan bank Syariah sejumlah Rp 1 triliun. Sementara itu, syarat permodalan BPR lebih kecil dan lebih bervariasi.

Variasi permodalan BPR menyesuaikan dengan 4 zona yang terbagi dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 20/POJK.03/2014 pasal 5. Modal BPR di zona 4 dimulai dengan nominal Rp4 miliar, sementara zona 1 sejumlah Rp 14 miliar.  

Layanan Simpanan dan Kredit

Bank Umum dan BPR sama-sama melayani permintaan simpanan dan kredit. Namun ada perbedaan dari segi pelayanannya. Bank umum memberi layanan yang lebih banyak dan beragam giro, kredit investasi, kredit konsumtif, dan kredit modal kerja dari segmen nasabah. 

Sementara itu, BPR memiliki layanan lebih sedikit. Layanan yang diberikan berupa, tabungan dan deposito berjangka. Penyediaan kredit diperuntukkan karyawan, kredit tanpa anggunan, dan kredit usaha kecil. BPR tidak melayani kartu kredit seperti yang dihadirkan bank konvesional.

Perbedaan Bank Umum dan BPR Berdasarkan Hukum Undang-undang

Perbedaan Bank Umum dan BPR juga diatur dalam UU No. 10 Tahun 1998 Pasal 1. Bank umum beroperasi untuk memberikan layanan lalu lintas transaksi atau pembayaran. Sementara Bank BPR tidak memiliki layanan pemberian jasa. Keduanya juga berbeda dalam penghimpunan dana. 

Itulah perbedaan Bank Umum dan BPR beserta layanan yang diberikan masing-masing. Jika anda berniat untuk menggunakan jasa perbankan, pilih jenis bank sesuai kebutuhan anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.