Bagikan:

JAKARTA - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, Bank DKI terus meningkatkan pelayanan digital dengan meluncurkan layanan Abank (Agen Bank) Bank Pembiayaan Rakyat (BPR).

Layanan Abank merupakan hasil kerja sama antar Bank DKI Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) DKI Jaya dan sekitarnya. Layanan ini dapat mempermudah masyarakat dalam peningkatan inklusi keuangan.

"Kerja sama ini berpotensi mendorong BPR dan BPRS untuk semakin dapat tumbuh dan bersaing melalui peningkatan fee based income dari layanan berbasis digital,” ujar Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono dalam keterangannya, Sabtu, 10 Juni.

Dalam pelaksanaannya, Bank DKI bakal menyediakan fasilitas dan infrastruktur layanan JakOne Abank kepada nasabah BPR untuk menjadi agen yang di-branding menjadi Abank BPR.

Sehingga, berbagai transaksi nasabah BPR dapat melakukan berbagai transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja tanpa perlu ke kantor cabang, dengan menggunakan aplikasi Abank BPR.

Kemudian, kata Amirul, dalam waktu dekat bakal dilakukan piloting Abank BPR sebanyak 10 BPR/BPRS yang saat ini tergabung sebagai anggota DPD Perbarindo DKI Jaya dan sekitarnya.

Abank BPR dilengkapi berbagai fitur antara lain, transaksi perbankan (transfer antar rekening, virtual account, cek saldo), transaksi pembayaran dan pembelian, transaksi pajak, Scan QRIS, pelaporan transaksi, hingga informasi promosi yang menarik.

“Melalui kemudahan layanan perbankan digital, diharapkan loyalitas nasabah BPR/BPRS dapat terus meningkat dan semakin memberi manfaat kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional,” sebutnya.

Di sisi lain, Amirul menyatakan Bank DKI akan terus adaptif menghadirkan ragam produk digital untuk mempermudah akses perbankan guna mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Salah satunya melalui JakOne Abank.

JakOne Abank merupakan layanan perbankan tanpa kantor dengan sistem keagenan menggunakan perangkat Mobile Point of Sale (MPOS).

Agen JakOne Abank dapat melayani berbagai transaksi, di antaranya transfer antar rekening, pembayaran pajak dan retribusi, hingga pembayaran berbagai tagihan dan mendapatkan komisi dari setiap transaksi.

Saat ini aplikasi JakOne Abank telah banyak digunakan masyarakat khususnya para pelaku UMKM sebagai upaya dalam peningkatan usaha.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan, kolaborasi antara Bank DKI dan anggota DPD Perbarindo DKI Jaya dan sekitarnya juga sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan inklusi keuangan, serta menjadi bukti bahwa layanan perbankan digital Bank DKI semakin dipercaya untuk melayani masyarakat lebih luas lagi melalui kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Bank DKI siap mendorong pertumbuhan kinerja BPR dan BPRS melalui kolaborasi pemanfaatan jasa layanan perbankan, mengingat bahwa BPR dan BPRS memiliki koneksi yang kuat dalam menghubungkan masyarakat dengan sektor keuangan dengan cakupan wilayah yang lebih fokus,” kata Arie.