Bagikan:

JAKARTA - PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) akan menyortir enam startup lewat program startup accelerator yang baru diluncurkan yaitu Zenith.

Adapun keenam startup yaitu, Imajin, Lifepack, Fishlog, AI Rudder, Praktis dan Rekosistem

Chief Investment Officer MCI, Dennis Pratistha mengatakan, menyampaikan enam startup tersebut dapat berpeluang bergabung menjadi portolio MCI lantaran telah tersaring lewat Zenith yang merupakan strategi acceleration for integration MCI.

Dennis menambahkan, keenam startup sudah melewati proses business matching dengan ekosistem BUMN lainnya dan memiliki potensi pertumbuhan ke depan.

Menurut Dennis, startup-startup tersebut akan masuk kedalam pipeline portolio investasi MCI selanjutnya dan akan melewati due dilligence untuk menentukan apakah masuk kedalam portofolio MCI atau tidak.

"Yang 6 ini kita proses, namanya due diligence. Tapi kalau investasi kita masih belum tahu. Cuma sama tim memang lagi proses due diligence," kata Dennis di Menara Mandiri, Kamis, 9 November.

Meski tahun 2023 tergolong masih musim tech winter atau seretnya pendanaan dari investor ke startup, lanjutnya. MCI akan tetap aktif mencari peluang investasi baru.

"Pendanaan startup di 2023 memang mengalami penurunan sangat drastis ya hingga kuartal III, dan kuartal IV-2023 ini saya kira mulai aktif lagi. Mandiri Capital Investment pun sekarang lagi aktif di beberapa potential investment jadi kita sudah mulai aktif riset, kita enggak berhenti melihat peluang investasi sih," ujarnya.

Dennis menerangkan, strategi investasi MCI dari tahun ke tahun tidak berubah dengan tetap menggunakan penyaringan calon startup yang akan dipilih menjadi portofolio. Serta akan tetap selektif melakukan pendanaan.

Pasalnya, MCI melihat adanya perlambatan ekonomi baik di level global maupun Indonesia.

"Wait and see itu selektif, kita dari awal strategi kita tidak berubah, kita selalu selektif seperti yang saya highligh tadi kita hanya investasi ke companies yang confident yang membantu mereka growth," jelasnya.

Di sisi lain, perusahaan startup portofolio MCI sudah mulai fokus terhadap performa finansial, terutama untuk mencapai profit dan berhati-hati dengan mengoptimalkan pengeluarannya dan fokus menjalankan strategi untuk mencapai profit.

"Kita hanya melihat perusahaan-perusahaan yang potensial untuk reach profitability, kita bukan investor yang fomo, kita bener-bener very selektif ke companies yang bisa bener-bener subsiten," jelasnya

Hal terpenting yang wajib diwaspadai di 2023 adalah mengenai bagaimana perusahaan tumbuh, mempertahankan valuasi dan bertahan dalam kondisi yang cenderung sulit serta penuh tantangan.