Ini Rencana Mandiri Capital Indonesia Tingkatkan <i>Value Creation</i>
Ilustrasi startup (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), ungkapkan sepanjang tahun 2023 tidak hanya berkontribusi pada perkembangan ekosistem startup. Namun, turut berkomitmen untuk menciptakan value creation demi mencapai bisnis yang inovatif dan berkelanjutan lewat implementasi program XYZ.

Adapun program XYZ, meliputi program Xponent untuk business matchmaking startup dengan Mandiri Group, program Xchange dengan melakukan innovation benchmark terhadap beberapa innovation lab yang ada di Singapore.

Selanjutnya Y-Axis yang mewadahi para startup untuk memperluas jejaring terhadap tech-community, investor dan korporasi. Serta program Zenith Accelerator yang ditujukan untuk pengembangan bisnis dan kolaborasi bersama ekosistem Mandiri Group.

CEO Mandiri Capital Indonesia Ronald Simorangkir mengatakan, fokus utama MCI tidak hanya pada penciptaan nilai finansial, tetapi juga pada value creation dalam aktivitas bisnis.

"MCI hadir untuk mewadahi startup / technology companies, salah satunya adalah melalui rangkaian program XYZ yang telah disesuaikan dengan kebutuhan para startup di berbagai tahapan perkembangannya," jelasnya dalam keterangannya Rabu 17 Januari 2024.

Ronald menyampaikan komitmen ini diharapkan mampu membawa perubahan sekaligus menciptakan bisnis yang memiliki value dan impact untuk masyarakat luas.

Ronald menyampaikan sepanjang tahun 2023, MCI telah menginisiasi berbagai aktivitas pendanaan dengan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak diantaranya kolaborasi bersama lima Corporate Venture Capital (CVC) dari BUMN dalam pembentukan Merah Putih Fund, pembentukan BTN Fund bersama Bank BTN.

Selanjutnya, kerja sama strategis bersama dengan Investible untuk mengelola Mandiri Investible Global Climate Tech Fund yang ditujukan untuk mendukung startup di sektor Climate Tech di Asia Tenggara dan Oceania.

Direktur Investasi Mandiri Capital Indonesia Dennis Pratistha menyampaikan sepanjang 2023, melalui startup portofolio yang dimiliki, MCI telah memiliki kontribusi yang kuat untuk ekonomi digital Indonesia.

"Memasuki tahun 2024, MCI memiliki bold aspiration untuk memperbesar kontribusi ke dalam ekonomi digital. Salah satunya dengan melakukan investasi yang didukung oleh funds baru kami dan menjadi Prominent Global VC Player,” jelasnya.

Dennis menyampaikan melalui pendirian beberapa fund baru, MCI akan mengembangkan strategi investasi melalui kolaborasi dengan para strategic partners. Sehingga, MCI dapat mengakses sektor baru, baik di dalam maupun di luar Indonesia.

"Selain itu, MCI juga memberikan peluang untuk 23 startup portofolio kami untuk mengakses new markets, termasuk ekspansi ke pasar internasional,” ungkapnya.