Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan dirinya akan menemui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk memperjuangkan adanya penghapusan pajak suku cadang yang didatangkan dari luar negeri.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan dengan dihapusnya pajak suku cadang tersebut maka biaya operasional maskapai akan semakin berkurang.

“Ini yang kita minta (Penghalusan pajak suku cadang). Saya akan sowan ke bu Menkue untuk menyampaikan bahwa pajak dari suku cadang itu dampaknya besar banget,” tuturnya dalam acara CEO Talks INACA di Hotel Park Hyatt, Jakarta, Kamis, 2 November.

Budi juga mengatakan penghapusan pajak tersebut juga dilakukan untuk mendukung Maintenance, Repair, and overhaul (MRO) atau bengkel pesawat di dalam negeri bisa bersaing.

Pasalnya, sambung Budi, tantangan yang dihadapi industri penerbangan saat ini adalah jumlah pesawat yang terbatas, harga avtur yang masih mahal hingga suku cadang terbatas.

“Kita juga tahu bahwa USD, avtur, suku cadang, merupakan suatu hambatan-hambatan,” katanya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan karena kelangkaan suku cadang membuat pesawat milik maskapai dalam negeri banyak yang masuk bengkel di luar negeri.

“Kan kasihan GMF (Garuda Maintenance Facility) segala macam dan sayang juga kesempatan itu bisa kita lakukan. Dan itu menjadi competitiveness kita untuk MRO berkurang. Kita bayangkan yang namanya MRO bukan untuk Indonesia saja. Tapi kalau masuk ke sini suku cadang kena pajak,” tuturnya.