Bagikan:

JAKARTA - Pelita Air Service (PAS) membuka rute penerbangan baru Jakarta-Banjarmasin (PP). Rute tersebut adalah rute ketiga yang dilayani Pelita Air di Pulau Kalimantan. Adapun Pelita sendiri kini memiliki sembilan rute penerbangan domestik.

Direktur Utama Pelita Air, Dendy Kurniawan mengatakan langkah ini merupakan upaya akselerasi kinerja yang turut diselaraskan dengan dukungan berkelanjutan terhadap pemulihan sektor ekonomi.

Dendy mengatakan Kota Banjarmasin terpilih menjadi rute terbaru karena dianggap memiliki potensi pasar yang menarik, baik dari segi jumlah penumpang potensial maupun permintaan perjalanan udara yang signifikan.

Selain itu, sambung dia, Kota Banjarmasin juga dapat menjadi penghubung untuk wilayah Tengah dan Timur Indonesia sehingga diharapkan rute penerbangan dapat memberikan layanan lebih luas kepada masyarakat.

“Hadirnya Pelita Air di Banjarmasin tentunya dengan mempertimbangkan outlook performa rute penerbangan dan pertumbuhan demand penumpang. Pembukaan rute baru ini juga menjadi proyeksi optimisme perseroan yang tentunya akan lebih ditingkatkan,” ucapnya, Rabu, 1 November.

Dendy mengatakan penerbangan Air rute Jakarta-Banjarmasin (PP) menjadi penerbangan reguler ke-9 yang dilayani Pelita Air.

“Rute tambahan Banjarmasin akan melengkapi 8 rute yang sudah ada sebelumnya yaitu Bali, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Palembang, Padang, Pekanbaru dan Pontianak,” ujarnya.

Jadwal Penerbangan Rute Jakarta-Banjarmasin PP

Pjs VP Commersial Reguler, Ferdian mengatakan Pelita Air melayani satu kali penerbangan di dua rute tersebut setiap harinya. Adapun hari ini Pelita Air melayani penerbangan perdana Jakarta-Banjarmasin (PP).

“Untuk Jakarta-Banjarmasin kita sementara ini satu kali sehari, dan daily, setiap hari kita terbang,” ucap Ferdian di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kalimantan Selatan, Rabu, 1 November.

Adapun jadwal keberangkatan Jakarta-Banjarmasin pukul 10.30 WIB dan tiba pukul 13.30 WITA, Banjarmasin-Jakarta 14.10 WITA dan tiba 15.15 WIB dalam frekuensi satu kali per hari penerbangan.

Ferdinan mengatakan rute ini dilayani dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A320-200 dengan kapasitas 180 kursi kelas ekonomi atau Silver Class.

Lebih lanjut, Ferdian mengatakan, penerbangan perdana rute Jakarta-Banjarmasin ini menerapkan perhitungan offset atas carbon footprint yang dihasilkan.

“Kita Pelita Air mendukung adanya karbon netral. Kemarin sudah juga berpartisipasi Pelita Air, membeli sertifikat karbon. Dan sertifikat itu akan kita berikan kepada penumpang-penumpang Pelita Air,” katanya.