Pelita Air Buka Rute Jakarta-Balikpapan
Pesawat Pelita Air. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pelita Air mulai membuka rute penerbangan baru Jakarta-Balikpapan-Jakarta dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Rute Jakarta-Balikpapan-Jakarta tersebut merupakan rute penerbangan berjadwal atau reguler ke-4 anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero) itu setelah sebelumnya membuka rute penerbangan dari Jakarta menuju Bali, Yogyakarta, dan Surabaya dan arah sebaliknya.

Direktur Utama Pelita Air Service Dendy Kurniawan mengatakan penerbangan perdana ke Balikpapan pada Senin pagi ini memiliki load factor yang hampir mencapai 100 persen.

"Tentunya menunjukkan bahwa animo masyarakat terhadap penerbangan dan rute-rute baru Pelita Air sangat luar biasa," kata Dendy dalam keterangan tertulis, dikutip dari Antara, Senin 20 Maret.

Ia mengatakan pembukaan rute baru ke Balikpapan itu diharapkan juga menjawab kebutuhan Pertamina Group dalam menyediakan moda transportasi udara bagi kegiatan usaha Pertamina Group yang berada di Balikpapan dan sekitarnya.

"Juga menjawab kebutuhan masyarakat yang mulai meningkatkan aktivitasnya ke Balikpapan terkait dengan rencana pemerintah untuk mewujudkan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur," ujar Dendy.

Meskipun belum genap setahun sejak peluncuran penerbangan berjadwal perdana pada 28 April 2022, Dendy melihat respons yang sangat positif dari Pelita Air sudah mulai terefleksi dari load factor penerbangan-penerbangan Pelita Air.

Ke depannya, kata dia, Pelita Air akan terus menambah destinasi-destinasi baru untuk mendukung konektivitas udara nasional dengan pelayanan yang terbaik, namun tetap dengan harga yang terjangkau.

Sementara itu, SVP Upstream & Portfolio Co. Business Development & Portfolio PT Pertamina (Persero) Edy Karyanto menyampaikan penerbangan perdana itu merupakan pencapaian yang bagus dan merupakan bentuk wujud nyata dari kontribusi Pelita Air bagi masyarakat Indonesia dalam meningkatkan konektivitas udara.

"Sambutan masyarakat atas kehadiran Pelita Air sangat luar biasa, yang dibuktikan dengan tingkat occupancy flight pagi ini ke Balikpapan yang hampir penuh. Tentunya ke depannya, PT Pertamina sebagai 'holding' dari Pelita Air akan terus memberikan dukungannya terhadap rencana pengembangan Pelita Air untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia," ucap Edy.

Dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A320-200 dengan kapasitas 180 kursi kelas ekonomi atau silver class, Pelita Air mengoperasikan layanan penerbangan reguler rute Jakarta-Balikpapan-Jakarta setiap hari dengan jadwal keberangkatan Jakarta-Balikpapan pukul 06.30 WIB dan tiba pukul 09.40 WITA, Balikpapan-Jakarta 10.25 WITA dan tiba 11.35 WIB dalam frekuensi satu kali per hari penerbangan.