Cara Melihat Skor Kredit BI Checking secara Online, Pastikan Riwayat Pinjaman Baik!
Ilustrasi Cara cek skor kredit BI Checking secara online (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Skor BI Checking tengah menjadi perbincangan hangat setelah ada isu seseorang yang gagal mendapat pekerjaan karena punya skor kredit yang buruk. Riwayat kredit memang menjadi salah satu penilaian saat seseorang ingin mengajukan pinjaman kredit. Selain itu, diperhatikan ketika seseorang melamar pekerjaan. riwayat kredit juga Lantas bagaimana cara cek skor kredit BI Checking secara online?

BI Checking adalah catatan riwayat debitur di bank atau lembaga keuangan, yang pada tahun 2018 telah diubah menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) ata OJK Checking. Bagaimana seorang debitur dalam mengurusi atau bertanggung jawab terhadap tanggungan kreditnya ternyata dicatat dan dinilai oleh kreditur. 

Skor kredit yang buruk bisa menghambat seseorang dalam melakukan sejumlah kepentingan, seperti mengajukan pinjaman hingga mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek skor kredit BI Checking untuk melihat baik atau tidaknya riwayat Anda sebagai debitur. 

Cara Cek Skor Kredit BI Checking secara Online

BI Checking merupakan sistem layanan yang disediakan untuk mendukung pengawasan dan layanan informasi di bidang keuangan. Saat ini setiap orang atau debitur bisa mengecek skor kreditnya secara online, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka laman https://idebku.ojk.go.id melalui browser di ponsel atau laptop
  2. Setelah masuk ke laman utama, silakan pilih menu “Pendaftaran”
  3. Anda diminta mengisi semua kolom pada halaman pendaftaran untuk memeriksa ketersediaan layanan. 
  4. Pastikan data terisi dengan benar, kemudian klik “Selanjutnya”
  5. Selanjutnya masukkan data registrasi secara lengkap sesuai intruksi yang ada
  6. Silakan lengkapi dan melanjutkan proses BI Checking
  7. Unggah dokumen yang diminta, seperti KTP untuk WNI atau paspor untuk WNA
  8. Unggah foto diri sesuai instruksi yang diberikan
  9. Silakan menunggu konfirmasi email dari OJK yang akan berisi nomor pendaftaran
  10. Kemudian pilih opsi “Status Layanan” untuk melihat status permohonan BI Checking Anda
  11. OJK akan memproses hasil BI Checking dalam waktu paling lambat 1 hari kerja setelah pendaftaran dilakukan

Indeks Skor BI Checking

BI Checking atau SLIK memiliki perang penting dalam dunia keuangan atau perbankan. Kegunaan skor BI Checking mulai dari penilaian kualitas debitur, proses penyediaan dana, verifikasi untuk kerjasama dengan pihak ketiga, hingga meningkatkan kedisiplinan aktivitas di industri keuangan. 

Penilaian dalam skor kredit menggunakan skala dari kolektibilitas 1 sampai 5, sebagai berikut:

Skor 1: Kredit Lancar

Skor ini menunjukkan bahwa debitur memiliki catatan kredit yang baik. Debitur bertanggung jawab dan tertib dalam membayar cicilan setiap bulan serta bunganya. Debitur bisa melunasi kredit tanpa pernah menunggak. 

Skor 2: Kredit dalam Perhatian Khusus (DPK)

Skor ini menunjukkan bahwa debitur memiliki catatan penunggakan cicilan kredit dalam jangka waktu 1-90 hari. 

Skor 3: Kredit Tidak Lancar 

Skor ini menunjukkan bahwa debitur memiliki catatan penunggakan pembayaran cicilan kredit dalam jangka waktu 91-120 hari.

Skor 4: Kredit Diragukan

Skor ini menunjukkan bahwa debitur memiliki catatan penunggakan pembayaran cicilan kredit dengan jangka waktu 121-180 hari.

Skor 5: Kredit Macet

Skor ini menunjukkan bahwa debitur memiliki catatan riwayat kredit yang sangat buruk. Umumnya debitur dalam skor ini adalah mereka yang menunggak pembayaran cicilan kredit dalam jangka waktu lebih dari 180 hari.

Demikianlah cek skor kredit BI Checking secara online. Masih banyak masyarakat yang tidak sadar bahwa perilaku dalam penggunaan layanan kredit ternyata dicatat dan dinilai, serta berpengaruh dalam berbagai aktivitas. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki riwayat kredit yang baik. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu terbaru menghadirkan dan terupdate nasional maupun internasional.