Promosikan Kekayaan Intelektuan Indonesia, AIPI Gelar Festival Kekayaan Intelektual
Foto (Maria Trisnawati/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta menggandeng Asosiasi Intelektual Properti Kreatif Indonesia (AIPI) menggelar Festival Karakter Kekayaan Intelektual 2023 dengan tema “Urban Art Unleashed”.

Festival yang berlokasi di Taman Monas ini digelar dengan memamerkan sejumlah karakter intellectual property (IP) mulai dari 19 Agustus hingga 3 September 2023.

"Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa kekayaan intelektual bukan hanya soal hak cipta, tetapi juga tentang bagaimana karya tersebut dapat memberikan inspirasi dan mendorong pertumbuhan industri kreatif di negara kita,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata dalam peresmian FKKI di Jakarta, Sabtu 19 Agustus.

Ia menambahkan, acara ini merupakan bentuk perayaan kreasi dan inovasi kekayaan intelektual kreatif Indonesia yang digelar di hati kota Jakarta.

Andhika juga mengundang seluruh warga Jakarta untuk datang dan menyaksikan kekayaan intelektual Indonesia dalam bentuk yang paling autentik.

"Mari bersama-sama kita dukung dan apresiasi kreasi anak bangsa," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Intelektual Properti Kreatif Indonesia (AIPI) Erlan Arisandi Prabowo menuturkan, harapannya agar Festival Karakter Kekayaan Intelektual ini bisa menghadirkan talenta muda berbakat.

“Festival ini diharapkan menjadi ajang interaksi antara kreator, stakeholder industri, dan masyarakat umum, serta menjadi platform bagi kreator muda untuk mengeksplorasi dan memperkenalkan karya-karya mereka," ujar Erlan.

Menurutnya, tngginya potensi kekayaan intelektual Indonesia sudah bukan rahasia lagi. Berbagai jenama lokal kini bahkan sudah bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Adapun pameran ini akan menghadirkan 15 Kekayaan Intelektual Kreatif Indonesia ternama seperti Trungtung, Tickle Fickle, Fun Cican, Gugug!, Biklan, Kunokai, Mora & Olfi, Nomnomsters, Volt, Petir, Petualangan Sherina 2, Vernalta, Dalang Pelo, Balpil, Mice Cartoon.

Pengunjung akan dapat berkenalan secara langsung dari masing-masing karakter .

"Kami juga menampilkan sebuah instalasi khusus yang terinspirasi dari Istana Negara di Ibu Kota Negara," lanjut Erlan.

Selain menampilkan 15 jenama, kata dia, Festival Karakter Kekayaan Intelektual juga bertujuan untuk mendorong munculnya kreator-kreator muda berbakat.

"Dengan demikian, generasi baru kreator Indonesia dapat terus berinovasi dan memberikan warna baru dalam kancah industri kreatif global," pungkas Erlan.