Menakar Untung Rugi Kredit Mobil Bekas, Uang Muka Kecil tapi Suku Bunga Tinggi
Ilustrasi kredit mobil bekas (Foto: Pixbay/Tumisu)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Keinginan masyarakat terhadap mobil bekas tampaknya masih cukup tinggi. Berdasarkan data Carsome, penjualan mobil bekas pada periode Oktober-Desember 2022 meningkat lebih dari lima kali lipat ketimbang tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Atas dasar ini, banyak lembaga keuangan yang menawarkan pembiayaan sistem kredit untuk membeli mobil bekas. Lantas apa untung rugi kredit mobil bekas?

Untung Rugi Kredit Mobil Bekas

Salah satu keuntungan kredit mobil bekas adalah uang muka alias down payment (DP) yang terjangkau. Dengan demikian, Anda bisa membawa pulang mobil bekas dari dealer meski memiliki budget yang terbatas.

Akan tetapi kerugiannya, harga mobil bekas akan menjadi lebih mahal karena leasing membebankan bunga kepada konsumen.

Lebih lanjut, berikut untung rugi beli beli mobil bekas secara kredit.

Keuntungan Beli Mobil Bekas

Selain uang mukanya terjangkau, berikut beberapa keuntungan membeli mobil bekas secara keredit:

  1. Bisa pilih mobil sesuai budget

Tak bisa dipungkiri bahwa budget menjadi poin utama dari keuntungan kredit mobil bekas.

Pasalnya, nilai DP, jangka waktu, hingga suku bunga bisa disesuaikan dengan kondisi finansial Anda. Dengan begitu, kamu bisa mengelola keuangan dengan lebih baik.

Tak cukup sampai di situ, Anda juga jadi nggak perlu mengeluarkan uang dengan jumlah yang sangat banyak dalam satu waktu.

  1. Lebih beragam pilihan

Selain bisa memilih harga dengan sesuka hati, mobil mobil bekas yang tersedia di dealer juga sangat beragam. Anda bisa mendapatkan mobil keluaran terbaru dengan harga yang lebih terjangkau dan ramah di kantong.

  1. Bisa langsung di bawa pulang

Ketika membeli mobil bekas secara kredit, Anda bisa langsung membawa pulang mobil bekas incaran kendati pembayarannya belum lunas.

Beli mobil bekas secara kredit merupakan jalan pintas dan solusi yang tepat apabila Anda membutuhkan mobil sesegera mungkin.

  1. Syarat mudah

Keuntungan kredit mobil bekas yang berikutnya adalah syarat serta prosesnya yang mudah. Anda cukup menyiapkan beberapa berkas yang nantinya akan digunakan sebagai jaminan saat mengajukan kredit.

Kerugian Kredit Mobil Bekas

Telah disinggung di atas bahwa kredit mobil bekas juga memiliki beberapa kerugian. Selain harganya yang membengkak, berikut beberapa kerugian membeli mobil bekas secara kredit:

  1. Kondisi mobil kurang prima.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi fisik mobil bekas dan baru sangat berbeda. Selain itu masih ada garansi kerusakan dari produsen sehingga jika mobil tersebut mengalami kerusakan akan bisa segera diperbaiki oleh produsen. Lain halnya jika Anda memilih mobil bekas dimana kondisi dan performanya di bawah mobil baru tersebut.

  1. Suku bunga lebih tinggi

Kendati Anda dituntungan dengan down payment yang lebih terjangku, kerugian kredit mobil bekas adalah suku bunga yang diberlakukan oleh bank atau lembaga pembiayaan kredit akan lebih tinggi ketimbang suku bunga mobil yang baru.

Hal ini karena mobil bekas lebih berisiko mengalami kerusakan ketimbang mobil baru.

  1. Asuransi

Mobil bekas lebih berpotensi mengalami kerusakan sehingga Anda perlu asuransi agar tidak semakin tekor di masa depan.  Sayangnya tidak semua mobil bekas dilengkapi dengan asuransi.

Akan tetapi, apabila Anda mengajukan kredit, Anda tidak perlu pusing dengan kerusakan mobil karena kerusakan yang totalnya lebih dari 75 persen akan ditanggung oleh leasing tersebut.

Demikian informasi tentang untung rugi kredit mobil bekas. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.