Bagikan:

JAKARTA - Pengembang properti milik konglomerat Mochtar Riady, PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), berhasil mencapai pertumbuhan pendapatan sebesar 19 persen menjadi Rp8,1 triliun pada semester I 2023. Tren pertumbuhan tersebut diprediksi masih akan berlanjut hingga akhir tahun.

Berdasarkan laporan keuangan LPKR, dikutip Senin 31 Juli, perseroan mencatatkan pertumbuhan laba kotor sebanyak 21 persen YoY menjadi Rp3,5 triliun dan EBITDA melesat sebesar 39 persen YoY menjadi Rp2 triliun.

LPKR juga sukses mencetak laba bersih sebesar Rp1,1 triliun pada semester I 2023 yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dari rugi bersih sebesar -Rp1,2 triliun pada semester I 2022

Sedangkan kuartal II 2023 saja, LPKR berhasil mencapai laba bersih sebesar Rp12 miliar tanpa ada efek dari peristiwa luar biasa yang memengaruhi hasilnya. Pencapaian pada kuartal II 2023 ini menandai kuartal pertama kuartal I 2019, yaitu LPKR berhasil kembali mencetak laba bersih melalui kinerja fundamental bisnisnya.

Pada segmen real estate, LPKR sukses membukukan pra penjualan sebesar Rp2,48 triliun yang ditopang oleh penawaran produk yang beragam serta peluncuran produk yang konsisten. Keberhasilan ini memenuhi 50,6 persen dari target pra penjualan yang sebesar Rp4,9 triliun pada tahun 2023.

Segmen layanan kesehatan LPKR yang dioperasikan oleh anak usaha LPKR, PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO), berhasil mempertahankan momentum pertumbuhan keuangan yang kuat selama semester I 2023.

Pada periode tersebut, pendapatan dari segmen layanan kesehatan tumbuh sebesar 20 persen YoY dan EBITDA meningkat sebesar 48 persen YoY. Pencapaian ini didorong oleh pemulihan yang kuat dari pendapatan di luar kasus COVID-19, peningkatan volume pasien, serta peningkatan adopsi saluran digital Siloam yang memudahkan pasien dalam mengakses layanan kesehatan.

Adapun segmen gaya hidup terus mendapatkan keuntungan dari pemulihan pasca-COVID-19 dengan pendapatan dan EBITDA pada semester I 2023 meningkat masing-masing sebesar 14 persen dan 20 persen YoY.

"Kami dengan bangga menyampaikan kinerja selama semester I-2023 yang mencerminkan keberhasilan upaya turnaround kami, khususnya pada kuartal II 2023, kami berhasil mencapai laba bersih tanpa efek dari kejadian luar biasa yang memengaruhi hasilnya. Pencapaian ini menunjukkan peningkatan kinerja fundamental dari seluruh unit bisnis kami," ujar Group CEO LPKR John Riady dalam keterangan tertulisnya.