Demi Dapatkan Izin Operasi, KCIC Ajak Kemenhub Uji Pertama Kereta Cepat
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Foto: Dok. KCIC)

Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan melakukan uji pertama untuk sarana dan prasarana kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Pengujian ini bagian dari rangkaian persiapan pengoperasian kereta cepat.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan penjujian ini dilakukan untuk mendapatkan izin operasi prasarana KCJB dari Kementerian Perhubungan.

“Untuk mendapatkan izin operasi prasarana KA Cepat diperlukan sertifikat uji pertama melalui berbagai tahapan pengujian,” katanya di Jakarta, Rabu, 26 Juli.

Lebih lanjut, Eva mengatakan tahapan pengujian dilakukan mulai dari pengujian rancang bangun dokumen, pengujian rancang bangun fisik, hingga akhirnya dilakukan uji fungsi.

Eva menjelaskan pengujian rancang bangun dokumen adalah proses untuk mengecek kesesuaian dokumen proyek dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Kereta Api Kecepatan Tinggi.

Sementara, pengujian rancang bangun fisik adalah pengecekan kesesuaian kondisi di lapangan dengan dokumen proyek maupun Permenhub no 7. Yang terakhir adalah uji fungsi yaitu pengetesan fungsi prasarana dengan berbagai parameter yang telah ditentukan.

Dua Aspek Pengujian

Eva mengatakan pengujian prasarana kereta cepat dibagi menjadi dua aspek yaitu pengujian jalan dan bangunan serta pengujian fasilitas operasi. Pengujian jalan dan bangunan meliputi jalur KA Cepat di emplasemen maupun petak jalur, jembatan, serta terowongan.

Adapun untuk jalur KA Cepat, objek yang diuji di antaranya rel, wesel, bantalan rel, penambat, dan lainnya. Sedangkan untuk pengujian fasilitas operasi meliputi persinyalan, telekomunikasi, dan kelistrikan.

Eva mengatakan pengujian dilakukan oleh Balai Pengujian Perkeretaapian Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan didampingi oleh KCIC beserta kontraktor pembangunan proyek kereta cepat.

Pengujian prasarana kereta cepat telah dimulai sejak 12 Juni 2023 dan terus berlangsung hingga saat ini di berbagai area operasional KA Cepat relasi Jakarta-Bandung.

“Sebagai layanan Kereta Api Cepat pertama di Asia Tenggara, KCIC bersama Kementerian Perhubungan melakukan pengujian dengan penuh ketelitian. Seluruh aspek dicek satu persatu secara bertahap untuk memastikan Kereta Api Cepat dapat beroperasi dengan aman dan nyaman,” ucapnya.