Lelang Tahap II/2023, Pemerintah Tawarkan 3 Wilayah Kerja Migas
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi mengumumkan Penawaran Wilayah Kerja (WK) Migas Tahap II tahun 2023.

Terdapat tiga WK migas yang ditawarkan antara lain Natuna D-Alpha yang berlokasi di Lepas Pantai Natuna Timur dan memiliki luas wilayah sebesar 10.291 km2 dengan penawaran berupa komitmen pasti selama 5 tahun, studi GGRPE dan 1 sumur.

Kemudian WK kedua adalah WK Panai yang berlokasi di daratan dan lepas pantai Sumatera Utara dan Riau seluas 5.180 km2 dengan komitmen pasti selama 3 tahun, studi G&G,dan 1 sumur.

Sementara WK ketiga adalah WK Patin yang berlokasi di Dataran Riau, Jambi, dan Sumatera Barat seluas 5.440 Km2.

Komitmen pasti yang ditawarkan selama 3 tahun, sudi G&G dan Akuisisi dan processing Seismik 2D 250 Km. Adapun mekanisme penawaran adalah lelang reguler.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan bahwa pemerintah berkomitmen untuk mengembangkan sektor hulu migas, dan telah membuat kebijakan-kebijakan untuk mempermudah dan menarik investor sektor hulu migas agar berinvestasi di Indonesia.

Tutuka menyebut, beberapa peraturan perundangan Minyak dan Gas Bumi terus dibahas untuk dilakukan perbaikan-perbaikan salah satunya ketentuan di bidang fiskal yang melibatkan Kementerian Keuangan untuk menyempurnakan ketentuan yang ada dalam Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 2017 dan Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2017

"Hal tersebut diharapkan akan dapat menciptakan iklim investasi yang lebih menarik bagi investor dengan tetap mempertimbangkan upaya pengurangan emisi karbon yang saat ini menjadi konsep dunia internasional," ujarnya yang dikutip Rabu 25 Juli.

Lebih lanjut, Tutuka menyebutkan, penyempurnaan skema Kontrak Bagi Hasil Gross Split menjadi New Simplified Gross Split juga terus dilakukan, dengan semangat melakukan improvement dalam sistem pengelolaan minyak dan gas bumi untuk meningkatkan iklim investasi.

Tutuka juga mengundang Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang bergerak pada industri hulu minyak dan gas bumi yang memiliki kemampuan keuangan dan teknis, mampu memenuhi syarat minimum Komitmen Pasti, memenuhi syarat dan ketentuan pokok Lelang Wilayah Kerja, serta memiliki kinerja dan track record yang baik untuk dapat berpartisipasi pada Lelang Wilayah Kerja Migas Tahap II Tahun 2023.

Jadwal Lelang Reguler dari Lelang Wilayah Kerja Migas Tahap II Tahun 2023 adalah sebagai berikut:

a. Akses Bid Document: mulai tanggal 25 Juli 2023 s.d, 21 November 2023

b. Batas Waktu Pemasukan Dokumen Partisipasi: 24 November 2023