Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Rosan Roeslani angkat bicara soal keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan PT Pindad (Persero) dan PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI ke Kawasan Industri Subang.

Rosan mengaku belum bisa bicara banyak mengenai hal tersebut.

Pasalnya, pascadilantik pada Senin 16 Juli, dirinya baru meminta masukan soal program-program prioritas di Kementerian BUMN yang berada di bawahnya.

“Belum bisa komentar. Baru akan mendapatkan masukan dulu, kan saya baru meeting tadi untuk minta masukan program-program prioritas yang harus dijalankan,” katanya saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis, 20 Juli.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi menginginkan BUMN Pertahanan yakni PT Pindad (Persero) dan PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI dipindahkan ke Kawasan Industri Subang.

Erick mengatakan keinginan tersebut dilandasi alasan agar pengembangan ekosistem industri di kawasan tersebut lebih terintegrasi.

Selain integrasi ekosistem industri, kata Erick, lokasi operasional kedua anggota Holding BUMN Pertahanan (Defend ID) itu berada di tengah kota, sehingga harus dipindahkan.

“Bapak Presiden menginginkan Pindad dan PTDI itu pindah ke Subang, Kawasan Industri Subang, supaya terpadu, karena lokasi Pindad dan PTDI itu sudah di tengah kota,” ujarnya kepada wartawan, saat ditemui di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, ditulis Kamis, 20 Juli.

Sekadar informasi, permintaan pindahan lokasi operasional dua anak usaha Defend ID sudah dibahas Jokowi bersama Erick Thohir dan juga menteri pertahanan Prabowo Subianto. Adapun pembicaraan dilakukan dalam dua kali pertemuan.

Pertemuan pertama dilaksanakan di Istana Bogor pekan lalu. Pada pertemuan ini, Jokowi meminta Agar industri pertahanan nasional terus diperkuat karena berkaitan erat dengan keamanan negara dan masyarakat.

Sementara, pertemuan kedua digelar pada Selasa, 18 Juli lalu. Namun, Erick menyambangi kediaman Prabowo Subianto tanpa Jokowi. Erick ditemani Wakil Menteri BUMN II yang baru dilantik yakni Rosan Roeslani.