Bagikan:

YOGYAKARTA – Seberapa penting merek bagi UMKM? Merek atau brand sangatlah penting sebagai identitas sebuah produk barang atau jasa milik pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Oleh sebab itu, para pelaku UMKM disarankan untuk segera melakukan pendaftaran merek kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Setelah pelaku UMKM memiliki salah satu bentuk perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), pemilik usaha bisa memakai merek dagang atau bisnis secara eksklusif.

Seberapa Penting Merek Bagi UMKM

Dirangkum dari berbagai sumber, yuk ketahui lebih dalam apa saja manfaat merek bagi UMKM:

  1. Mendapat perlindungan hukum

Manfaat mendaftaran merek dagang ke DJKI adalah untuk membuktikan merek tersebut merupakan milik Anda, sehingga tidak ada pihak lain yang bisa melakukan plagiasi.

Jika ada kompetitor yang mendaftarkan merek serupa lebih dulu, maka Anda tidak akan bisa mendaftarkan merek milik Anda.

Di sisi lain, apabila Anda mendaftarkan merek dagang, kemudian ada kompetitor yang menggunakan merek yang sama, Anda bisa melayangkan gugatan.

Ini artinya, mendaftarkan merek dagang bisa membantu bisnis UMKM untuk mendapatkan perlindungan hukum bila sewaktu-waktu hal demikian terjadi.

  1. Menciptakan banyak peluang bisnis

Di era disrupsi, kolaborasi merupkan kunci untuk mengembangkan sebuah bisnis. Dengan menjalin kolaborasi dengan stakeholders, pelaku UMKM dapat mendorong bisnis untuk menjadi lebih kreatif dan memaksimalkan semua kemungkinan yang ada.

Akan tetapi, tidak semua pihak ingin bekerja sama dengan merek yang belum legal secara hukum.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengembangkan bisnis UMKM yang sedang dirintis, ada baiknya segera mendaftarkan merek dagang.

  1. Menjadi kekuatan produk agar lebih mudah diterima oleh masyarakat

Merek dagang yang sudah terdaftar di DJKI juga berfungsi sebagai identitas merek. Dengan demikian, konsumen bisa membeli produk dari brand asli.

Selain itu, pelaku UMKM juga bisa fokus mempromosikan brand dan membuatnya menjadi lebih dikenal publik tanpa perlu khawatir merek tersebut akan dicuri atau ditiru oleh kompetitor.

Merek yang sudah terdaftar dapat menjadi bukti bahwa bisnis UMKM yang Anda jalankan profesional dan kredibel, jadi konsumen pun lebih percaya.

  1. Pembeda dengan Kompetitor

Banyaknya produk yang beredar di pasaran berpotensi membuat produk atau jasa yang Anda tawarkan menyerupai produk yang dikeluarkan oleh kompetitor.

Banyaknya pilihan produk akan membuat konsumen menjadi lebih selektif. biasanya mereka akan memilih produk dari merek yang sudah mereka percaya.

Nah, dengan mendaftarkan merek dagang, Anda bisa menciptakan identitas merek yang kemudian bisa membedakan brand kamu dengan kompetitor.

  1. Lebih mudah menjual produk atau jasa

Ketika Anda berhasil membangun branding yang kuat, produk yang ditawarkan biasanya akan lebih mudah terjual daripada produk dari merek baru.

Terlebih, jika produk tersebut memiliki kualitas baik dan terus berinovasi, tentu pelaku UMKM akan lebih mudah dalam menjual produknya, baik produk lama maupun produk baru.

Demikian informasi tentang seberapa penting merek bagi UMKM. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca VOI.ID.