Bagikan:

YOGYAKARTA - Merek dagang merupakan identitas yang harus dibangun dan dimiliki oleh pebisnis. Tidak hanya penting bagi brand atau perusahaan besar, merek dagang juga ada pada usaha kecil atau UMKM. Bagi pengusaha pemula wajib tahu alasan mengapa UMKM harus punya merek dagang. 

Saat menjalankan bisnis, pelaku usaha sebaiknya tidak hanya berfokus pada kualitas dan pemasaran produknya. Namun pelaku UMKM juga perlu memikirkan merek dagang sebagai identitas bisnisnya. Merek dagang bisa berupa nama, logo, simbol, atau tagline yang unik dan membedakan dengan brand lain. 

Masih banyak pelaku usaha yang tidak menyadari bahwa merek dagang juga berperan penting dalam menunjang kesuksesan bisnis. Ada manfaat memiliki merek dagang bagi UMKM untuk identitas bisnis. 

Alasan Mengapa UMKM Harus Punya Merek Dagang

Tingginya persaingan dalam sebuah bisnis menuntut pelaku UMKM untuk memiliki identitas atau keunikan yang membedakan dengan kompetitor. Salah satu strategi untuk memenangkan atau mendapat tempat di pasar adalah dengan membuat merek dagang yang kuat. 

Berikut ini beberapa alasan mengapa UMKM harus punya merek dagang agar bisnisnya bisa menang di pasaran.

Membangun Kepercayaan kepada Pelanggan

Salah satu tujuan dari menciptakan merek dagang adalah untuk membangun kepercayaan kepada pelanggan. Merek yang kuat pada sebuah bisnis akan membuat pelanggan semakin yakin atau percaya untuk membeli produk Anda. Saat konsumen mengingat merek Anda dan merasa puas dengan produk yang dijual, biasanya mereka akan setiap menjadi pelanggan Anda. 

Membedakan dengan Kompetitor

Merek dagang juga digunakan untuk membedakan bisnis atau brand Anda dengan kompetitor. Di luar sana ada banyak sekali pelaku bisnis yang menjual produk yang serupa dengan Anda. 

Untuk bisa diingat oleh target market, maka Anda harus memiliki identitas yang unik serta berbeda dari brand lain. Dengan adanya merek dagang yang kuat, Anda bisa menunjukkan perbedaan produk dan layanan Anda dengan miliki kompetitor. 

Memudahkan Pemasaran

Manfaat lainnya dari memiliki merek dagang adalah untuk memudahkan pemasaran. ketika identitas atau merek bisnis Anda sudah melekat dan dikenali masyarakat, maka kegiatan pemasaran jadi lebih efisien. Target market cenderung lebih tertarik membeli produk dari merek yang dikenali dibandingkan yang tidak dikenal. 

Meningkatkan Nilai Produk dan Layanan

Merek dagang yang kuat dan unik juga dapat meningkatkan nilai produk. Selain itu, layanan yang ditawarkan dari bisnis Anda juga semakin bervalue. Hal ini akan membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli dan menggunakan produk Anda. 

Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual

Saat Anda membuat merek dagang, berarti Anda telah melakukan perlindungan hak kekayaan intelektual produk dan bisnis Anda. Pendaftaran HAKI dalam sebuah bisnis sangat penting untuk mencegah tindakan-tindakan yang bisa merugikan bisnis Anda, seperti penggunaan merek tanpa izin dan menjiplak karya dan inovasi produk. 

Menciptakan Identitas dan Nilai 

Merek dagang juga menjadi cerminan dari identitas dan nilai-nilai bisnis Anda. Hal ini menjadi salah satu strategi penting untuk menggaet pelanggan. Konsumen cenderung lebih tertarik pada brand atau produk dengan nilai-nilai yang sejalan dengan interest mereka. 

Mengkomunikasikan Kualitas

Adanya merek dagang juga membantu bisnis Anda dalam mengkomunikasikan kualitas. Merek dagang yang baik juga menjadi indikator kualitas. Jadi saat konsumen melihat merek yang dikenali, mereka akan mengasosiasikannya dengan kualitas yang baik. 

Demikianlah beberapa alasan mengapa UMKM harus punya merek dagang. Merek dagang bisa menjadi aset berharga dalam bisnis Anda. Ketika Anda memiliki identitas yang kuat dan unik, maka Anda akan lebih mudah mengembangkan bisnis. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.