Soal Eiger Made in China, Manajemen Buka Suara
Foto: Istimewa

Bagikan:

JAKARTA - Produk Indonesia, Eiger, menjadi pembicaraan warganet usai viralnya sebuah foto yang menampilkan label 'Made in China'. Menanggapi hal ini, manajemen melalui PR Executive Eiger Shulhan Syamsur Rijal mengatakan produk tersebut memang asli dikeluarkan oleh Eiger.

"Itu memang original produk Eiger. Nomor artikelnya mengarah ke produk topi. Untuk hal ini, Eiger memang menyediakan produk kegiatan luar ruang yang berasal dari berbagai pemasok, prioritas pemasok tetap dari dalam negeri, sebagian kecilnya dipasok dari pemasok lain dari luar Indonesia" ujar Shulhan yang dikutip Selasa 2 Mei.

Ia menambahkan, Eiger sendiri kini menetapkan diri sebagai perusahaan ritel dan distribusi. Sehingga, banyak produk yang dihasilkan dari pemasok baik dari Indonesia maupun luar Indonesia. Alasan mengambil produk dari luar Indonesia juga karena beberapa hal.

"Biasanya terpaksa dipasok dari pemasok di luar Indonesia karena teknologi dan bahannya belum bisa didapatkan secara masif di Indonesia, sama sekali bukan karena alasan SDM. Jadi memang kaitannya adalah terkait dengan quality and development kualitas standar bahan yang sesuai standar Eiger, beberapa artikel dengan jumlah sangat minor, itu tidak bisa disiapkan di Indonesia," ungkap Shulhan.

Dia mencontohkan, beberapa barang yang teknologi dan beberapa bahannya dari luar negeri seperti komponen produk jam tangan Eiger atau pelengkap untuk mendaki gunung, seperti carabiner. Shulhan bilang produk ini tidak 100 persen buatan dalam negeri.

"Jumlah produk Eiger yang disuplai dari pemasok dari luar negeri jumlahnya masih minoritas. Standar prosedur Eiger memprioritaskan pemasok dari dalam negeri dengan kualitas dan standarisasi sejak proses produksi hingga limbah sisa produksi atau isu sustainability yang sudah ditetapkan oleh EIGER," ucapnya.

Shulhan menegaskan, jumlahnya masih sangat kecil artikel produk yang dihasilkan dari bahan dan teknologi di luar Indonesia. Mayoritas artikel produk yang dijual kebanyakan dari dalam negeri, dan kebanyakan produk impor adalah untuk untuk aksesoris atau pelengkap.

"Kami pastikan mayoritas produk Eiger adalah hasil karya anak bangsa. Dengan tim riset dan pengembangan teknologi serta desain Eiger yang bekerja dari Kantor Pusat Eiger di Jalan Raya Soreang, Kabupaten Bandung. Sementara untuk pemasok, pabriknya tersebar di seluruh Indonesia juga dari pemasok di beberapa negara lain dengan beberapa pertimbangan," pungkas Shulhan.