Jelang Lebaran 2023, Kemenparekraf Kolaborasi dengan Polri Wujudkan Mudik Aman #DiIndonesiaAja
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyiapkan berbagai informasi dan layanan di 100 titik posko Lebaran kepolisian untuk mewujudkan mudik lebaran yang aman dan nyaman #DiIndonesiaAja.

Kolaborasi tersebut ditandai dengan penyerahan roll banner yang di dalamnya terdapat sebuah QR-Code Linktree berisikan berbagai informasi yang dapat dipindai atau scan dengan gawai masyarakat.

Penyerahan roll banner dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno kepada Kepala Sub-Direktorat Pengawalan Komandan Polisi Jalan Raya Brigadir Jenderal Polisi Juni.

"Kami harapkan kerja sama ini akan mampu menghadirkan mudik Lebaran yang aman dan nyaman di #IndonesiaAja," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa, 18 April.

Kemenparekraf bersama kementerian/lembaga dan berbagai pihak lainnya sebelumnya telah menyiapkan program-program untuk menunjang momentum libur Lebaran dan mudik 2023, seperti menyiapkan media center untuk pemantauan aktivitas wisata selama libur Lebaran 2023 melalui platform sisparnas.kemenparekraf.go.id.

Kemudian, penerbitan surat imbauan pemantauan libur Lebaran 2023 terkait keamanan, kenyamanan, ketertiban, serta penerapan CHSE di destinasi pariwisata kepada Dinas Pariwisata.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini menyebut, program atau informasi tersebut dapat diakses masyarakat dengan memindai QR-Code yang tertera dalam roll banner yang didistribusikan ke 100 titik posko Lebaran berkolaborasi dengan Korlantas Polri.

Semua program ini disatukan ke dalam sebuah QR-Code Link Tree yang dapat dipindai dengan ponsel masing-masing pada 100 Roll Banner Mudik Lebaran.

"Kami menyiapkan 100 banner di 100 titik posko Lebaran di seluruh Indonesia, sehingga masyarakat yang mudik mengetahui di posko itu bisa ada jasa atau service yang diberikan untuk keamanan kenyamanan dari pemudik," ujarnya.

Made berharap, kolaborasi tersebut dapat memberikan edukasi kepada publik bahwa mudik kali ini harus memberikan rasa aman, nyaman, dan juga mendatangkan dampak ekonomi bagi masyarakat lewat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Diharapkan, dengan kolaborAksi ini bisa lebih mendorong kunjungan wisatawan nusantara agar bisa melanjutkan mudiknya dengan mengajak sanak keluarga untuk berwisata ke destinasi-destinasi di sekitar kota/kabupaten atau kampungnya masing-masing," pungkasnya.