Matahari Department Store Milik Konglomerat Mochtar Riady Buka 2 Gerai Baru, di Balikpanan dan Bali
Gerai Matahari Department Store, (Foto: Dok. Matahari Dept. Store)

Bagikan:

JAKARTA - Peritel dari grup Lippo milik konglomerat Mochtar Riady, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) memperluas bisnisnya dengan membuka dua gerai baru di Balikpapan, Kalimantan Timur dan Kuta, Bali.

Pembukaan gerai baru di Plaza Balikpapan dilakukan pada Rabu 5 April, dan di Discovery Shopping Mall, Kuta, pada 6 April.

"Dengan membawa tema ‘Time To Grow’ di tahun ini, kami membuka gerai baru keenam dan ketujuh dari program pembukaan gerai yang sudah direncanakan perseroan. Melalui dua gerai baru ini, kami ingin menghadirkan berbagai pilihan dan pengalaman berbelanja, serta menjadikan Matahari sebagai pilihan utama berbelanja di musim Lebaran ini," kata CEO Matahari Terry O'Connor dalam keterangan resminya.

Dengan konsep baru yang lebih segar, menurut Terry, kedua toko ini menawarkan merchandise yang diperbarui dan pengalaman berbelanja pelanggan yang lebih baik. Matahari menggunakan sistem pencahayaan 100 persen LED sebagai komitmen perusahaan terhadap lingkungan.

"Kami percaya, kehadiran dua gerai dengan karakteristik modern ini akan menghadirkan pilihan belanja yang berbeda bagi masyarakat setempat," tutur dia.

Terry memaparkan, Matahari Plaza Balikpapan dengan luas 7.550 meter persegi (m2) menyediakan berbagai kategori produk dan merek. Sementara itu, Matahari Discovery Shopping Mall Bali dengan luas 3.387 m2 akan memenuhi kebutuhan belanja melalui produk rekreasi, pakaian, alas kaki, dan produk kecantikan.

Terry menambahkan, kehadiran gerai baru Matahari ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi penduduk setempat, terutama melalui penyerapan lebih dari 400 tenaga kerja, di mana 90%-nya merupakan karyawan lokal. Secara khusus, Matahari Plaza Balikpapan bersinergi dengan Dinas Perdagangan Kota Balikpapan menyediakan counter bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendukung ekonomi lokal.

"Bertepatan dengan peresmian dua gerai terbarunya, Matahari menggelar program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Matahari Plaza Balikpapan memberikan donasi sebesar Rp10 juta ke Masjid Jami Assuda, dan Rp10 juta ke Panti Asuhan Mizan Amanah. Matahari Discovery Shopping Mall, Bali mendonasikan Rp 10 juta ke Panti Asuhan Tat Twam Asi dan Rp 10 juta ke Panti Asuhan Eben Haezer," ujar dia.

Saat ini, Matahari memiliki 155 gerai ritel di 81 kota di seluruh Indonesia, serta secara online melalui matahari.com, platform social commerce ‘Shop&Talk’, dan marketplace pihak ketiga. Selama lebih dari 60 tahun, Matahari menyediakan produk pakaian, kecantikan dan sepatu yang berkualitas, fashionable, dan terjangkau bagi kalangan menengah Indonesia.

Matahari mempekerjakan lebih dari 30 karyawan (termasuk SPG produk konsinyasi) dan bermitra dengan sekitar 600 pemasok lokal serta internasional.