IHSG Senin Diproyeksi Lanjutkan Penguatan, Beberapa Saham Ini Direkomendasikan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini, Senin 27 Maret, setelah akhir pekan lalu menguat 79,12 poin (1,20 persen) ke level 6.691,61.

Phintraco Sekuritas dalam risetnya menyebut, IHSG hari ini diprediksi ada di level resistance 6.790 dan support di 6.700.

Respons positif pelaku pasar terhadap hasil FOMC The Fed bulan Maret mendorong penguatan saham-saham rate sensitive di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (24/3). The Fed telah menaikkan suku bunga acuan 25 bps menjadi 5 persen dan clue bahwa kenaikan suku bunga akan berakhir.

Masih dari eksternal, pelaku pasar mencermati pernyataan Menteri Keuangan AS, Janet Yellen yang mengatakan bahwa Amerika Serikat dapat mengambil tindakan tambahan jika diperlukan untuk menstabilkan bank-bank di Amerika. Hal ini diperkirakan bakal mempengaruhi keputusan The Fed terkait suku bunga acuan hingga akhir tahun 2023.

"Sinyal dovish dari The Fed turut menopang penguatan nilai tukar rupiah pada Jumat lalu. Nilai tukar rupiah menguat 1,24 persen ke level Rp15.150 per dolar AS," jelas riset Phintraco Sekuritas.

Secara teknikal, pelebaran positive slope MACD juga mengindikasikan IHSG bakal melanjutkan penguatan pada awal pekan. Adapun menu saham pilihan di awal pekan, antara lain AALI, BBNI, SMGR, UNVR, BBCA, ASII, ITMG, dan AKRA.