Tersinggung Mentan dan Eselon I Tak Hadir, Komisi IV DPR Tunda Rapat Pangan
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso. (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi IV DPR memilih menunda rapat kerja dengan Menteri Pertanian, Dirut Bulog, Dirut ID FOOD, dan Dirut Pupuk Indonesia. Hal ini karena Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan dua pejabat eselon satu tak hadir dalm rapat tersebut.

Rapat tersebut dijadwalkan untuk membahas mengenai automatic adjusment Anggaran 2023, tindak lanjut hasil kunjungan kerja dan pasokan pangan jelang Ramadan.

“Setelah mengambil masukan dari beberapa fraksi dan pimpinan, kami putuskan rapat ditunda,” ujar Ketua Komisi IV DPR Sudin, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin, 20 Maret.

Awalnya, Sadin mengaku Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sempat minta izinnya untuk tidak hadir dalam rapat kerja hari ini. Hal ini karena yang bersangkutan harus pergi ke Papua untuk mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lebih lanjut, Sudin mengaku memberikan izin. Namun, dirinya memberikan dua syarat yang harus dipenuhi Menteri Pertanian. Pertama, memberikan surat secara resmi kepada komisi IV untuk diwakilkan dengan Wakil Menteri. Kedua, seluruh eselon 1 wajib hadir.

“Hari ini yang tidak hadir ada dua. Tapi amat disayangkn lebih penting kunjungan ke daerah daripada menghadiri rapat kerja hari ini,” tuturnya.

Sudin mengatakan rapat ini sangat penting. Sebab, pada tiga hal yang dibahas. Pertama mengenai harga cabai dam bawang yang meningkat menjelang hari bersar keagamaan. Kedua carut marutnya pupuk. Ketiga, memgenai panen.

“Yang katanya ada penen serentak sekian juta hektare tapi yang bersangkutan tidak hadir. Ini yang amat saya sayangkan. Saya menghormati mitra saya, tapi kalau mitra saya tidak menghormati saya, saya juga bisa demikian. Jujur saya katakan saya tersinggung,” tegasnya.